Melakukan perjalanan yang jauh untuk sekedar berwisata atau menjalankan tugas kantor tentunya membutuhkan barang bawaan yang tidak sedikit jumlahnya. Otomatis membawa tas ransel saja tidak cukup. Kamu tentu membutuhkan wadah yang lebih besar daripada sebuah tas ransel.

Pada akhirnya, kamu memilih untuk membawa tas koper yang berukuran sedang atau yang cukup besar. Sehingga seluruh barang yang telah kamu  siapkan bisa terbawa semuanya. Untuk memudahkanmu selama perjalanan, kamu perlu menggunakan cara yang tepat dalam mengemas.

Kamu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini agar lebih efisien dalam mengemas pakaian dan barang lainnya yang akan kamu bawa dalam koper selama perjalanan.

1Tentukan Pilihan, Mau Digulung atau Dilipat

ashrynovia.blogspot.com

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengemas barangnya, terutama pakaian. Misalnya kamu bisa menggulung semua kaos dan kemeja yang kamu hendak bawa dan melipat bawahan, baik itu rok, celana dan juga jaket. Cara ini pasti memudahkanmu dalam menyusun pakaian dalam koper.

Selain kamu tak perlu ribet dan takut ada barang tidak terbawa karena kapasitasnya sudah overload. Sesampainya di tempat tujuan, kamu pun tak perlu susah-susah mencari pakaian yang hendak kamu gunakan. Semuanya telah tersusun rapi dalam koper.

2Mengatur Tata Letak Barang

youtube.com

Kamu juga perlu tahu bagaimana menata dan meletakkan barang dalam koper. Jadi tak asal saja memasukkan semua barang yang hendak dibawa. Seyogyanya letakkan barang yang bersifat keras di dasar koper. Kemudian barang yang bersifat lebih lunak di bagian atasnya.

Hal ini dilakukan agar kamu tak mengalami kesulitan saat menutup dan membuka  koper kembali.

3Maksimalkan Semua Sisi di Dalam Koper

travelandleisure.com

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga perlu memaksimalkan semua sisi dalam koper dengan cara memasukkan terlebih dahulu barang berukuran besar yang kemungkinan akan kamu gunakan di hari-hari terakhir selama perjalanan.

Setelah seluruh barang berukuran besar masuk, kemudian letakkan barang berukuran kecil pada ruang-ruang yang masih kosong. Contohnya seperti buku, pengisi daya ponsel, earphone serta alat tulis. Letakkan barang-barang tersebut di sisi-sisi koper yang masih memiliki ruang.

4Melapisi Permukaan Koper

abcnews.go.com

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan dengan melapisi permukaan kopermu. Karena terkadang ada beberapa bagian koper yang tak memiliki bahan pelapis, maka bisa membuat pakaianmu rusak tersangkut sesuatu. Maka sebaiknya gunakan selembar kain tipis untuk melapisi permukaan koper.