Untuk bisa eksis berkarir di dunia kerja di Indonesia, sebetulnya terbilang cukup sulit mengingat persaingan yang terjadi di luar sangat ketat.

Banyak pekerjaan bergengsi yang memang para pekerjanya adalah lulusan bidang yang tergolong cukup sulit dilalui ketika masa kuliah.

Namun bukan berarti ada jurusan yang tidak sulit untuk dijalani, karena pastinya tiap jurusan mempunyai kesulitan masing-masing.

Berikut ini lima jurusan tersulit yang di Indonesia;

1Kedokteran dan Bedah

health.kompas.com

Kamu perlu berkonsentrasi penuh pada bidang ini jika sudah memilihnya sebagai bagian dari masa depan karirmu kelak. Bahkan kamu perlu mengorbankan waktu dan tenaga lebih agar bisa bertahan dengan setiap pelajarannya.

Bayangkan, kuliah selama delapan jam sehari dengan mata kuliah yang membuat kepalamu pusing. Ada patologi, anatomi, dan mata kuliah lain yang harus kamu ambil agar bisa segera lulus.

Tantangan utama yang akan dan harus kamu hadapi nantinya ketika memilih jurusan ini adalah kesabaran menempuh proses pendidikan yang cukup lama. Dibutuhkan 5-6 tahun untuk menyelesaikan kuliah di jurusan ini.

2Matematika dan Statistika

hipwee.com

Bagi sebagian besar orang, matematika identik dengan kesulitan dan pusing. Memahami matematika membutuhkan kerja keras dan dedikasi.

Kamu harus menghabiskan waktu dan usaha untuk memahami bahasa matematika yang dipenuhi rumus, teori, dan angka.

3Arsitektur

kampusaja.com

Arsitektur tak hanya menuntutmu untuk bisa menggambar dan mendesain, namun juga memecahkan masalah struktural.

Kamu harus akrab dengan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan seni jika ingin mengambil jurusan ini.

4Farmasi

umm.ac.id

Farmasi adalah salah satu jurusan yang paling banyak diincar di Indonesia. Kamu harus bisa menghasilkan nilai tinggi ketika belajar di jurusan ini.

Kamu pun harus mempunyai pengetahuan yang baik di jurusan Biologi dan Kimia. Oh ya, pengorbanan waktu dan tenaga juga perlu untuk menyelesaikan tumpukan laporan praktikum.

5Ilmu Ekonomi

ilmuiesp.blogspot.com

Akibat semakin majunya zaman, semakin kemari, ekonomi menjadi jurusan yang semakin prestisius dan menjanjikan. Meski terdengar remeh, ekonomi sebenarnya cukup sulit.

Apalagi kamu harus memahami perilaku manusia dalam prinsip ekonomi. Kalau kamu benar-benar ingin mengambil jurusan ini, pastikan dirimu siap untuk terampil secara verbal, konsisten, dan berkemauan keras.