Apakah kamu pernah mendengar atau menemui jurusan kuliah yang aneh, unik, dan kedengarannya seru?

Kalau kamu membuka mata dan telinga lebih luas lagi, di luar Indonesia sana ternyata memang banyak jurusan kuliah yang terbilang unik dan tidak biasa.

Coba cek yuk

1Bowling Industry Management

freshu.io

Di Vincennes University di Vincennes, Indiana, kamu bisa belajar berbagai teknik bermain bowling.

Ada juga mata kuliah pinsetter mechanics, pro shop, lane car, league development dan banyak lagi yang berhubungan dengan bowling.

2Bakery Science

kstatecollegian.com

Universitas Kansas State memiliki jurusan unik. Kalau kuliah di sini dan mengambil jurusan bakery science, maka kamu akan diajarkan bagaimana caranya mengoperasikan sebuah toko bakery.

Otomatis setiap mahasiswa di sana akan mencium wangi roti sepanjang perkuliahan, karena salah satu ruang kelas dibuat mirip dengan toko roti sungguhan.

3Home Economics

quotesgram.com

Jurusan ini ada di Idaho State University. Sesuai namanya, home economics mengajarkan bagaimana cara mengelola segala sesuatu yang ada di rumah,

Misalnya, mengelola keuangan keluarga, pernikahan, mengatur makanan, tekstil, nutrisi anggota keluarga sehari-hari, pakaian dan lainnya.

4Folklore dan Mythology

Jurusan ini terdapat di Harvard University. Harvard sendiri mendefinisikan jurusan ini sebagai ranah yang mempelajari tentang mitologi (mitos) atau dongeng. Para mahasiswanya mempelajari, mengkaji folklore dan mitologi secara serius.

5Motorsports Science and Engineering

brookes.ac.uk

Jurusan yang ditawarkan Winston-Salem State University ini memang tidak tergolong biasa. Pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan ini banyak memberikan kontribusi bagi Carolina Utara.

Setelah lulus dari sini, kamu bisa bekerja di motorsport operations, motorsport marketing dan event planning.

6Comic Book Art

he.kichka.com

Minneapolis College of Art and Design menyediakan program studi Comic Book Art bagi siapapun yang ingin serius belajar soal komik.

Mata kuliah di sini meliputi Digital Coloring for Comic Books, Digital Illustration, The Illustrated Notebook dan Children’s Book Illustration. Seru ya!

7Retail Floristry

pinterest.com

Menjual dan membuat karangan bunga memang bisa dipelajari otodidak di kursus-kursus keterampilan. Tapi Mississippi State University memiliki jurusan khusus untuk memelajari seni merangkai bunga.

Program ini termasuk unik dan tidak dimiliki oleh universitas manapun. Mahasiswa yang kuliah di sini bisa mengelola bisnis toko bunga setelah lulus nanti.

8Professional Nanny

marshmallownannies.com

Sullivan University menawarkan online degree yang secara serius mengajarkan menjadi nanny profesional.

Sekolah ini juga menghasilkan Professional Nanny Graduates yang terlatih, berpendidikan dan siap mengasuh anak.

Biarpun kedengarannya mudah, menjadikannya sebagai profesi termasuk sulit karena banyak sekali tantangan yang menguras kesabaran.

9Comedy: Writing and Performance

suneducationgroup.com

Kalau kamu bercita-cita menjadi pelawak profesional, mungkin kamu bisa belajar di jurusan Comedy di Humber College di Kanada.

Menurut Universitas ini, komedi membutuhkan lebih dari sekadar skill. Seni komedi juga butuh berbagai aspek komersial agar kelak di dalam industri entertainment sanggup bertahan.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di antaranya, stand-up, improvisation, scriptwriting, sketch comedy dan mata kuliah aspek-aspek yang berhubungan dengan craft.

10Poultry Science

students.caes.uga.edu

Jurusan ini mengajarkan bagaimana cara terbaik memelihara dan membesarkan ayam, kalkun, dan bebek yang sehat.

Jurusan yang terdapat di North Carolina State University ini akan mengajarkan mahasiswanya merawat unggas dari perspektif biologi dan kimia. Cocok lho untuk kamu yang ingin punya peternakan unggas.

11Harry Potter Education Studies

screenprism.com

Jurusan ini ada di Universitas Durham. Mempelajari segala hal tentang novel Harry Potter, nilai moral, makna simbol, kualifikasi, dan masih banyak lagi.

Jurusan yang pertama mengangkat Harry Potter sebagai modul ini harus rela menerima banyak kritik dari pengamat pendidikan.