Wajah adalah bagian tubuh paling utama yang menjadi ukuran kecantikanmu. Dengan kulit halus di wajah, akan menambah pesona makin menawan.

Namun, menjaga kulit agar tetap halus bukan hal yang mudah. Banyak masalah kulit yang sering muncul pada wajah, membuat wajah kita menjadi kusam dan tak menarik.

Bayangkan disaat kamu harus pergi ke pesta, lalu tiba-tiba melihat ada jerawat muncul di wajahmu. Kamu pasti akan merasa kurang ‘pede’ saat bertemu banyak orang.

Walau sudah menutupi jerawat dengan concealer, itu tak selalu berhasil menyamarkan jerawat di wajah.

Kini banyak produk yang menjanjikan dapat mengobati jerawatmu. Dan kamu punya banyak pilihan untuk obat luar yang benar-benar mujarab. Namun obat luar tidaklah cukup, kamu juga harus melawannya dari dalam.

Ada banyak zat bermanfaat dalam bahan-bahan alami yang akan menekan pertumbuhan jerawat. Bila kamu rutin mengkonsumsinya, tentu jerawatmu akan cepat dihilangkan.

Bahan-bahan alami ini dijadikan minuman jus yang segar agar lebih enak dan aman dikonsumsi. Berikut 7 jus dari bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

1Jus Wortel

tipkecantikan.com

Makanan yang sering menjadi bahan sayuran ini, ternyata juga mempunyai kandungan yang baik bagi kulit. Wortel sendiri banyak mengandung vitamin A, beta karoten dan seng.

Mengonsumsi wortel dalam betuk jus adalah yang paling nikmat dan disukai banyak orang. Meminum jus wortel secara rutin, akan membantu mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

Kandungan wortel yakni vitamin A dan minyak esensial ini yang menjadikannya sebagai obat alami jerawat. Wortel juga dapat membantu menghilangkan jerawat karena memiliki sifat anti inflamasi.

2Jus Tomat

plasadana.com

Jus tomat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Di dalam buah berwarna merah berisi kandungan vitamin C dan air.

Apabila keduanya menyatu dalam tubuh, maka akan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, yakni mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.

Dengan jus tomat jerawat akan kabur dan kulit kembali menjadi bersih tanpa ada bekas jerawat.

3Jus Lidah Buaya

kuncitips.com

Pada dasarnya lidah buaya memang obat bagi kulit, bahkan dapat mengtasi radang pada luka bakar dan memar. Jerawat yang membengkak dan terasa sakit adalah radang kulit juga yang dapat diobati lidah buaya.

Gel pada lidah buaya memiliki kandungan yang mampu mengatasi peradangan itu, mengurangi rasa sakit pada jerawat.

Kalau radang pada jerawat tidak teratasi dan semakin menyebar karena bakteri, zat saponin dan senyawa antrakuinon pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri tersebut.

Setelah jerawat sembuh, khasiat lain lidah buaya adalah menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya dapat meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati atau rusak, sehingga kulit wajahmu kembali halus.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai jus, haruslah hati-hati karena lidah buaya memiliki getah. Baiknya yang digunakan sebagai bahan jus adalah pada bagian dagingnya.

4Jus Jeruk dan Lemon

tarsihtembem.blogspot.com

Diantara semua jus pengobat jerawat, inilah jus yang paling enak rasanya dan disukai orang banyak. Ternyata jus yang terkenal paling segar ini juga mengandung zat yang bermanfaat pada kulit.

Jeruk mengandung vitamin C dan asamsitrat yang berguna bagi kesehatan kulit. Karenanya mengkonsumsi jus jeruk secara rutin akan dapat membantu dalam penyembuhan jerawat.

5Jus Melon

gudangkesehatan.com

Satu lagi jus lezat yang punya manfaat bagi kulit. Kandungan vitamin A pada jus ini dapat di  menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan mengecilkan pori-pori yang membesar.

6Jus Timun

tradisionalsehat.blogspot.com

Kandungan mentimun 90% lebih adalah air. Jadi mengonsumsi jus timun akan menjadi pelembab alami bagi kulit wajah. Kamu pun tidak perlu memakai pelembab kimia yang seringkali menjadi penyebab jerawat.

Mentimun sama seperti melon juga kaya akan vitamin A yang baik bagi kulit dan menghilangkan noda hitam jerawat. Selain itu zat hijau daunnya juga membuat kulit wajah lebih sehat alami.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya jerawat kembali, timun memiliki kandungan asam amino dan mineral penting yang dapat meregenerasi kulit serta memperkecil pori-pori.

Penumpukan dan penyumbatan kotoran pada pori-pori wajah inilah yang menyebabkan terjadinya jerawat.