Di tengah industri makanan dan menu kuliner yang bikin kita ngiler setiap hari, menjaga berat badan ideal memang begitu berat. Awalnya sekedar mencicipi makanan, lalu makan sedikit demi sedikit, eh lama-lama jadi buncit!

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur memiliki berat badan yang berlebih, bukan berarti kamu harus berhenti makan untuk mengurangi berat badan. Hanya saja pembatasan kalori makanan dan pemilihan menu makanan, itulah yang menjadi kunci keberhasilan diet.

Salah satu menu diet yang sehat dan aman ini adalah dengan meminum buah Jus. Wah, kalau begitu enak banget kan? Siapa yang nggak suka dengan jus dari buah-buahan yang segar ini.

papasemar.com

Selain berfungsi untuk diet, jus buah juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh, serta rasa enaknya mungkin bisa menggantikan jajanan-jajanan enak yang selama ini sudah bikin kita gemuk.

Tapi perlu diingat, meminum jus bukan berarti mengganti makanan pokokmu keseluruhan. Minumlah jus misalnya untuk mengganti menu sarapan atau mengganti menu makan malam. Jadi kamu bisa menyantap makanan pokok dalam dua kali sehari saja.

Dalam membuat jus buah juga tidak sembarang, pilihlah buah yang memiliki serat tinggi namun rendah kalori. Dalam membuat jus juga diusahakan untuk sedikit saja menggunakan gula, dan lebih baik untuk tidak pakai gula sama sekali.

Lalu buah apa saja yang dapa dijadikan menu diet jus buah, ini dia ulasannya.

1Jus Apel

en.wikipedia.org

Ini salah satu buah yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Selain mengandung banyak vitamin, apel juga memiliki serat tinggi, sehingga baik bagi sistem pencernaan kita.

Dua pertiga kandungan serat apel terdapat di bagian kulit, begitu pula dengan zat anti-oksidannya 2-6 kali lebih tinggi di bagian kulit dibandingkan dalam daging buahnya.

Jadi dalam membuat jus apel, lebih baik untuk tidak mengupas kulitnya, dan langsung diblender saja bersama kulitnya. Buah apel juga membuat kadar gula dalam darah kita lambat naiknya

Setelah memakan buah apel biasanya membuat kita kenyang lebih lama, hal ini karena 1/4 bagian apel adalah air. Juga karena sifat slow food pada buah apel sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

2Jus Pir

indonesian.alibaba.com

Selain karakter rasanya hampir sama dengan apel, khasiatnya juga hampir sama. Pir yang manis dan segar ini mengandung serat yang tinggi serta rendah kalorinya.

Pir juga mengandung zat antioksidan dan flavanoid. Kedua kandungan itulah yang berkhasiat bisa mencegah penyimpanan lemak pada perut, sehingga bisa cepat menurunkan berat badan.

Fakta ini menurut CNN sudah teruji dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 14 tahun. Buah pir juga sangat bagus untuk kesehatan usus, sehingga masalah pada pencernaan bisa dihindari.

3Jus Pepaya

fbifm.com

Buah pepaya dianggap ampuh untuk menurunkan berat badan. Dalam satu buah pepaya memiliki kandungan 2,7 gram serat yang baik untuk diet. Pepaya juga memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga aman penumpukan lemak.

Bukan itu saja, kandungan air dalam buah pepaya juga sangat tinggi. Air dalam buah pepaya sejumlah 89% dari berat totalnya. Ini berguna untuk membuang racun dalam tubuh dan membuat metabolisme lebih lancar.

4Jus Tomat

nuga.co

Ada yang menyebutnya sebagai buah, tapi ada pula yang menggolongkannya sebagai sayuran. Apapun itu, yang pasti tomat sudah terbukti dapat menjadi menu andalan dalam program diet.

Selain terbukti di lapangan, penelitian ilmiah membuktikan itu. University of Taiwan menyimpulkan bahwa dengan rutin meminum jus tomat akan menurunkan kolesterol.

Selain itu, manfaat dari pengonsumsian jus tomat itu adalah peningkatan kadar likopen, zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

5Jus Jeruk

santeaja.com

Walau tidak secara langsung berperan dalam menurunkan berat badan, jus jeruk termasuk buah yang sudah terkenal dalam menu program diet. Kandungan vitamin C nya yang tinggi itu yang dibutuhkan bagi diet sehat.

Vitamin C selain dapat melancarkan pencernaan juga berkhasiat menurunkan kadar garam yang dianggap mengganggu bagi yang menjalankan diet mayo.