Perubahan sosial memang selalu seperti dua sisi mata uang koin. Ada sisi positifnya, namun sering juga ada sisi negatifnya. Jika di zaman dulu informasi tersebar dengan lambat, di zaman dunia digital saat ini, arus informasi tersebar begitu cepat.

Bahkan bukan hanya dalam satu daerah dan negara, dari ujung dunia sampai ke ujung dunia semua bisa tersebar luas dalam hitungan detik. Saking cepat dan massifnya informasi, sampai penyebarannya disebut dengan istilah viral, yakni penyebaran seperti virus.

Keuntungannya memang tidak sedikit, seperti dunia perdagangan, pendidikan, atau bisa jadi alat revolusi politik seperti fenomena Arab spring beberapa tahun lalu.

Namun, setiap perubahan memang selalu ada konsekuensinya. Teknologi informasi modern jika ditangan orang yang tidak tepat, bukannya bermanfaat malah bisa menjadi penyakit di masyarakat.

Saat ini banyak sekali yang menyebarkan berita bohong atau yang dikenal dengan istilah hoax. Entah sekedar mencari sensasi dan popularitas, atau malah punya niat buruk terselubung.

Tak terhitung lagi berapa jumlah berita hoax yang telah tersebar, baik di situs online, media sosial, ataupun direct messenger. Dari sekian banyak berita hoax itu, ada beberapa berita hoax yang sempat menghebohkan dunia.

Dunia heboh dengan berita hoax itu karena berita-berita itu biasanya berisi hal yang bombastis, diperkuat dengan gambar yang tampak nyata, dan dibungkus dengan kata-kata yang meyakinkan.

Apa saja berita hoax yang sempat menghebohkan dunia? Ini dia ulasannya.

1Peri Derbyshire

kickstarter.com

Makhluk mitologi yang berasal dari cerita orang Britania, orang-orang sepertinya penasaran dengan kebenaran mitos tentang keberadaan Peri Derbyshire. Munculnya gambar dengan penampakan jasad Peri Derbyshire pun menjadi heboh di dunia maya.

Usut-punya usut, walaupun foto di atas memang benar asli, tapi sosok jasad peri adalah palsu, alias hanya buatan manusia semata. Tidak ada maksud menipu, Dan Baines membuat boneka tersebut sekedar lelucon untuk perayaan ‘april mop’.

Tangan-tangan usil yang ingin mencari sensasi saja yang mengarang cerita palsu berkenaan dengan foto itu.

2Anak Tidur di Makam Orang Tuanya

independent.co.uk

Netizen dibuat heboh dengan tersebarnya foto seorang bocah yang tidur di makam. Dalam pemberitaannya dikatakan anak tersebut dan kedua orang tuanya adalah korban dari konflik berkepanjangan di Suriah.

Setelah lama tersebar, sang pembuat foto akhirnya muncul untuk mengklarifikasi pemberitaan dusta yang telah tersebar. Yang benar sang fotografer bernama Abdul Aziz al-Otaibi membuat karya foto tersebut untuk inspirasi masyarakat

Seorang model anak berpose tidur di antara dua makam, pesan yang ditampilkan adalah betapa seorang anak begitu mencintai kedua orang tuanya, walaupun orang tuanya sudah tidak ada.

3Hiu Berkeliaran Saat Banjir di Jalan Raya

chron.com

Memang tidak masuk akal, tapi karena begitu bagusnya sang pengedit photoshop, orang pun menjadi percaya dan ikut menyebarkan berita foto hoax ini.

Uniknya ada spion mobil di samping hiu. Peristiwa asli dari foto ini adalah saat terjadi bencana badai Sandy melanda Amerika Serikat pada akhir 2012 yang membuat banyak genangan air di jalan.

4Selfie Pilot di Pesawat

8
ngonoo.com

Memang ada-ada saja pengubah gambar ini. Seorang pilot yang sedang selfie dengan tongsisnya dibuat seakan-akan berada di atas udara yang tinggi. Padahal foto asli dari gambar ini pesawat sedang berdiam di bandara.

5Anjing Cacat Karena Kebakaran

ngonoo.com

Dikatakan bahwa anjing ini mengalami luka bakar disekujur wajahnya. Padahal itu hanya foto anjing yang wajahnya tertutupi selembar ham (daging).

6Bangkai Makhluk Raksasa

kultusbook.com

Banyak yang menduga bahwa bangkai dalam foto adalah bangkai dari makhluk raksasa seperti dalam mitos. Dengan bentuk dan rupa yang aneh, dugaan itu semakin dipercaya dan tersebar luas.

Setelah diteliti kelompok palaeozoologist, disimpulkan bahwa gambar itu adalah bangkai rakun yang tubuhnya rusak karena dekomposisi air laut dan lingkungan lainnya.