gdubrak.com

Kalau Kamu Anak 90-an, Nggak Mungkin Lupa dengan Kisah Seru Ini

Posted on

Lagu Anak

hipwee.com
hipwee.com

Kamu masih bisa menemukan banyak jenis lagu anak yang bagus-bagus. Sekarang? Duh, susahnya minta ampun!

Dulu, lagu anak yang sangat populer beberapa di antaranya adalah berjudul “Hai Becak” dan “Naik Delman”. Lagu tersebut diciptakan oleh Ibu Sud dan juga Pak Kasur. Ada lagi lagu “Si Kodok” dan “Susan Punya Cita-cita”

Dua lagu tersebut mengesankan punya arti sangat sederhana, mudah dihapalkan anak-anak, bermakna keceriaan, dan tentu aman jika didengar bayi sekalipun.

Kedua lagu tersebut bercerita tentang keseruan melakukan petualangan saat berjalan-jalan menggunakan dua moda transportasi tersebut.

Acara Musik Khusus Anak

malesbanget.com
malesbanget.com

Oh ya, kalau sekarang, acara musik banyak yang dikhususkan untuk dewasa, maka dulu acara musik untuk anak-anak tak kalah kerennya lho.

Anak-anak 90-an sangat menikmati waktu-waktu ceria bersama acara musik anak seperti Tralala Trilili di televisi.

Eh, tapi tidak cuma lewat televisi saja hiburan yang bisa dinikmati anak-anak. Dulu, radio juga masih ramai didengarkan. Selain radio, ada lagi kaset. Jangan bicara internet, karena di era itu, internet masih sangat jauh dari kehidupan anak-anak.

Biasanya lagu-lagu tersebut akan dinyanyikan ketika bermain bersama teman. Jika diingat kembali ingin deh rasanya kembali ke masa itu lagi.

Permainan Tradisional

gdubrak.com
gdubrak.com

Sekarang mainan sudah didominasi oleh gadget, smartphone, dan sangaaaaat jarang yang masih bermain dengan alat-alat sederhana, misalnya saja batu, daun, atau hanya mengandalkan fisik.

Anak 90-an mengenal permainan seru bernama petak umpet, benteng, kelereng, hingga lompat tali yang menantang adrenalin.

dakontasik.com
dakontasik.com

Sebetulnya, permainan tradisional itu selain menyenangkan, juga sangat mencerdaskan anak-anak.

Melalui permainan tradisional yang didominasi aktivitas aktif (menggerakkan badan) akan melatih fisik anak, kemampuan motorik, anak juga akan belajar berstrategi terhadap lawan, cara bekerjasama dengan kawan, dll.

Kartun Televisi

amazon.co.uk
amazon.co.uk

Selain acara music anak-anak, tontonan televisi yang aman disaksikan anak-anak juga sangat beragam. Misalnya saja kartun.

Hari minggu adalah surge bagi anak-anak, khususnya minggu pagi karena pada saat itulah marathon kartun mulai pukul 06.00 sampai siang hari, pukul 12.00, terus nonstop.

Mulai dari kisah super hero Ultraman, Doraemon, Cardcaptor Sakura, P-man, Ninja Hatori, Chibi Maruko Chan, Crayon Shincan, dll.

Malam harinya pun ada juga. Saras 008, Panji Manusia Milenium, Tuyul dan Mbak Yul, Jin dan Jun, Keluarga Cemara, dll.

Pada masa itu, anak-anak masih bisa menonton acara televisi sesuai dengan usianya. Pilihannya banyak. Kalau sekarang sudah sangat susah untuk memilih tontonan berkualitas untuk anak.

Barangkali lain cerita kalau kamu berlangganan parabola. Kamu akan mudah mengontrol saluran televise yang menayangkan tontonan layak untuk anak.

Kesempatan Menikmati Hal yang Sama di Masa Kini

suararakyatindonesia.org
suararakyatindonesia.org

Banyak orang bilang, masa 90-an adalah saat-saat paling baik, paling indah, dibandingkan masa-masa yang lain.

Sebetulnya, semua masa punya sisi baik dan sisi buruknya. Jika dulu anak-anak masih bisa dikontrol dalam hal permainan dan tontonan, sekarang agak sulit, tapi para orang tua pasti bisa.

Saat ini, teknologi berkembang pesat, anak-anak menjadi bebas melihat apapun yang ia mau, tapi tentu pilihan untuk mencari acara yang mencerdaskan sangat terbuka lebar.

Dalam setiap zaman, tetap harus ada seleksi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *