“Aku mencintaimu” atau “I Love You” adalah kalimat indah bagi dua insan yang sedang jatuh cinta. Mereka bagaikan terbang ke awan tinggi dan lupa sejenak akan berbagai permasalahan hidup yang sedang dihadapi.

Namun kata orang, saat berumah tangga semuanya tak lagi sama. Rumah tangga adalah tempat berjuang yang di dalamnya tentu banyak hal-hal tidak mengenakan.

Permasalahan yang menggoncangkan biduk rumah tangga akan datang silih berganti. Permasalahan-permasalahan tersebut seharusnya semakin menguatkan ikatan cinta suami istri, bukan memporak-porandakan keharmonisan keluarga.

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Salah satu cara kecil untuk menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan mengatakan kata-kata manis. Tak perlu menjadi pujangga dan menciptakan puisi. Kamu hanya perlu mengatakan kalimat-kalimat manis berikut ini.

1Aku Percaya Sama Mas

www.kupunyaaci.com

Akan ada suatu ketika kamu dihadapkan pada situasi mendengar sesuatu yang negatif tentang suamimu. Jangan mudah terpancing emosi dan marah-marah kepada suami.

Klarifikasi secara baik-baik kepada suami tentang kabar tersebut. Biarkan suami menjelaskan sesuai dengan versi dia. Percayalah dengan penjelasan suami kemudian katakan, “Aku percaya sama mas.”

Jika suamimu terpaksa berbohong karena sesuatu hal, setelah mendengar perkataanmu ini ia akan berpikir ulang untuk berbohong.

2Maafkan Aku Ya Dek

www.fotograferprewedding.com

Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Jika dibiarkan ia akan tetap bengkok. Namun jika dipaksa diluruskan ia akan patah. Saat istrimu melakukan kesalahan, tegurlah dengan kata-kata yang baik.

Sayangnya banyak wanita yang tidak mau disalahkan. Ia malah balik marah-marah saat di tegur suami. Saat itulah suami harus mengalah dan mengatakan, “Maafkan aku ya dek.”

Mendengar permintaan maaf suami, istri akan luluh dan menurut. Namun demikian, meminta maaf tidak selalu harus suami yang mengawalinya. Istri juga dapat mengawali meminta maaf.

Terlepas dari siapa yang salah dan siapa yang benar, meminta maaf akan membuat pasanganmu semakin mencintaimu karena ia menganggapmu berjiwa besar.

3Aku Mendukung Setiap Keputusan yang Mas Buat

www.artikel.masjidku.id

Suami adalah pemimpin dalam keluarga. Setiap keputusan yang diambil suami selama itu baik dan tidak melanggar norma dalam masyarakat maupun norma agama, wajib ditaati istri.

Keputusan suami bukan berarti keputusan secara sepihak tanpa didiskusikan terlebih dahulu dengan istri. Istri juga berhak menyampaikan pendapatnya untuk menjadi bahan pertimbangan mengambil keputusan.

Namun terkadang suami megalami banyak tekanan baik dari atasan, keluarga besar, maupun pihak luar lainnya. Pada posisi ini bukan tidak mungkin suami gamang dan bingung untuk mengambil keputusan.

Di saat inilah, istri harus turut berperan agar suami tetap tenang dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Istri dapat mengatakan, “Aku mendukung setiap keputusan yang mas buat.”

Meskipun kalimat ini sederhana, namun kata-kata ini akan membuat suami tenang. Saat tenang suami dapat berpikir jernih dalam mengambil keputusan.

Bagaimanapun keputusan yang diambil suami hari ini akan berefek pada kehidupan masa depan seperti efek domino.

4Kita Hadapi Ini Bersama-sama Ya Mas

www.pakarcinta.com

Fitrah laki-laki adalah menggunakan akal dalam menyelesaikan masalah. Sebaliknya, fitrah perempuan adalah mengedepankan perasaan.

Saat rumah tangga diterpa permasalahan tak sedikit suami diam dan cenderung menyendiri untuk memikirkan jalan keluar. Namun istri tak tahan diam. Ia akan menumpahkan kata-kata tentang kekhawatirannya.

Di saat seperti ini, akan lebih baik jika istri menahan dulu untuk tidak berbicara dan membiarkan suami waktu untuk merenung dan berpikir.

Setelah beberapa saat dan dirasa suami sudah cukup waktu untuk merenung, dekatilah suami seraya memegang tangannya dan katakan, “Kita hadapi ini bersama-sama ya mas.”

www.retno-bdp.blogspot.com
www.retno-bdp.blogspot.com

Seberat apapun permasalahan dalam rumah tangga, suami akan merasa bahwa dia tidak merasa sendirian. Ada sosok istri yang akan selalu disisinya saat keadaan sempit sekalipun.

SHARE