Skripsi seringkali menjadi momok bagi para mahasiswa tingkat akhir. Bukan hanya karena tingkat kesulitan dalam mengerjakannya. Tapi juga disebabkan oleh sikap konsistensi yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa agar skripsinya cepat selesai.

Bagi mahasiswa sekarang banyak hal yang dapat menjadi ‘halangan’ untuk segera menyelesaikan skripsi. Seperti game online, hang out bersama teman atau pacar, kesibukan di media sosial, hingga sekedar kemalasan yang sulit untuk diajak kompromi.

hardiaputra.wordpress.com
hardiaputra.wordpress.com

Apalagi untuk kamu yang jarang dengan dunia tulis menulis. Menatap layar komputer yang menampilkan jendela Microsoft Word yang masih kosong, putih bersih, rasanya seperti sedang terintimidasi olehnya. Hingga bingung akan mengetikkan huruf per hurufnya.

Pada akhirnya, jika kamu tidak termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu. Justru yang ada, dorongan untuk terus menjauhinya. Kasihan dirimu sendiri nanti.

Dorongan untuk menjauhi tugas akhir atau skripsi seringkali berupa pikiran atau terbersit kalimat yang ujung-ujungnya membuatmu menunda mengerjakannya. Kamu harus cerdas untuk bertahan dari godaan itu seperti kalimat-kalimat berikut ini.

1“Menulisnya Nanti Saja. Jika Sudah Selesai Mengerjakan Ini dan Itu”

ciepo.com

Ada-ada saja alasan yang diberikan oleh seorang mahasiswa untuk segera mengerjakan skripsinya. Terkadang hal-hal tersebut tidak berhubungan dengan skripsi dan tidak terlalu penting.

Seakan-akan kamu akan bisa nyaman dan bisa segera menyelesaikan tulisan skripsimu jika syarat menyelesaikan hal lainnya itu bisa selesai terlebih dahulu.

Salah satu bentunya seperti saat hendak mengerjakan skripsi, tiba-tiba tetangga sebelah kamarmu menghidupkan mesin motornya. Akhirnya kamu berpikir untuk menunda proses pengerjaan tulisan hingga motor selesai dipanasi.

Ada lagi bentuk lain seperti cek akun sosial media terlebih dahulu untuk memastikan ada hal penting yang tidak terlewat. Menyiapkan camilan dan minuman di dekat meja belajarmu agar lebih nyaman mengerjakan skripsi dan alasan lainnya.

Pada intinya, segera hentikan kebiasaanmu membuat kalimat-kalimat yang kamu jadikan syarat sebelum memulai mengerjakan skripsi. Jika kamu hendak mengerjakan skripsi, maka segera mulai saja tanpa ada syarat apapun.

2“Bagian yang Akan Aku Tulis Ini Mudah. Sudah Ada Dalam Pikiranku. Menulisnya Nanti Saja”

ideaonline.com

Kalimat ini seringkali muncul dalam pikiranmu bukan? Semata-mata karena yakin bahwa bagian yang akan ditulis sudah kamu kuasai. Sehingga menunda untuk mengerjakannya.

Padahal hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat menerjemahkan apa yang ada dalam pikiranmu menjadi tulisan yang nyata, langsung tersusun rapi dalam layar komputermu.

Kamu tetap membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk merubah apa yang ada dalam pikiranmu menjadi bentuk tulisan lho. Jadi kalimat ini juga tidak tepat untuk kamu jadikan alasan menunda mengerjakan skripsi.

3“Masih Terlalu Pagi. Nanti Saja Kalau Sudah Pas Jam 8”

griyawisata.com

Tidak enak rasanya kalau memulai mengerjakan skripsi itu tidak tepat pada jam tertentu. Alasan ini juga sering muncul dalam pikiran para mahasiswa tingkat akhir. Menyamakan dengan waktu kuliah yang waktunya sudah terjadwal.

Padahal skripsi itu sepenuhnya menjadi tanggungjawabmu. Pihak dosen dan administrasi kampus sekalipun hanya bisa membantumu saja. Termasuk masalah waktu juga demikian. Dari dulu hingga sekarang, skripsi tidak perlu menepatkan harus jam berapa mulai mengerjakannya.

4“Rasanya Suntuk, Refreshing Dulu. Nonton Film Apa Ya?”

gyannara.wordpress.com

Ini salah satu aktifitas berisiko tinggi. Menonton satu episode film sebelum menulis skripsi. Banyak fakta yang terjadi justru skripsi tidak kunjung selesai karena kebiasaan menonton film.

Seringkali, jika kamu sudah menonton film, rasa ketagihan itu muncul. Selesai satu film, ingin menonton film yang lain. Apalagi jika yang kamu tonton film berseri. Bisa sehari semalam kamu marathon menyelesaikan film hingga akhir.

Ujungnya, skripsimu mangkrak di tengah jalan.

Masih banyak kalimat yang dapat menjadikan skripsimu tak kunjung selesai. Pada dasarnya, segala dorongan dan hasutan dalam dirimu yang berakibat pada tertundanya skripsimu harus segera dilenyapkan.

Ayo, segera ambil laptopmu dan mulai menyusun skripsi. Sekarang juga.