Mempunyai seorang anak yang telah beranjak dewasa mengharuskan kita sebagai orang tua untuk mengajarkan kepada anak kita cara untuk hidup mandiri. Salah satu hal kecil yang perlu kita ajarkan kepada mereka adalah dengan tidur sendiri.

Jika seorang anak telah terbiasa tidur bersama dengan orang tuanya tentu akan sedikit sulit bagi kita para orang tua untuk membujuk mereka agar mau untuk tidur dalam ruangan kamar yang terpisah.

Rasa takut bukan berarti tidak mampu. Tapi mereka membutuhkan kondisi untuk penyesuaian diri.

Salah satu cara untuk membujuk mereka adalah dengan membuat suasana kamar anak yang menarik serta menyenangkan bagi mereka. Selain itu harus kita perhatikan pula dengan rasa nyaman ketika mereka berada didalam kamar mereka sendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendekorasi kamar tidur anak

1Pilih Warna yang Tepat

kitchensetsmurah.wordpress.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenai warna cat pada dinding kamar anak. Dengan menggunakan warna cat yang mereka sukai maka anak akan merasa senang ketika berada didalam kamar tidur mereka sendiri.

Jangan lupa libatkan mereka dalam memilih warna cat untuk dinding kamar mereka. Tujuannya agar mereka merasa puas dan yakin serta nyaman ketika berada di kamar mereka.

2Furnitur yang Simpel

blog.carijasa.co.id

Pemilihan furnitur kamar anak agak sedikit berbeda dengan kamar orang dewasa. Dengan memilih furnitur yang simpel serta tidak memakan cukup banyak ruang dalam kamar akan menjadikan area kamar lebih luas.

Hal tersebut berarti sisa ruang yang tersedia dapat kamu manfaatkan sebagai area bermain anak. Dengan adanya playground mini dalam kamarnya tentu akan menambah ketertarikan mereka untuk memiliki kamar sendiri.

3Pencahayaan

interior-minimalis.com

Gunakanlah pencahayaan yang tepat pada kamar tidur anak. Pilih lampu yang terang dan hemat energi, serta tambahkan lampu belajar pada meja belajar agar anak dapat berkonsentrasi ketika belajar.

Selain itu, pencahayaan sinar matahari juga penting untuk diperhatikan, tujuannya agar kamar anak tidak terasa lembab dan bebas dari jamur serta virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

4Fitur Tambahan

rumahminimalismewah.com

Untuk membuat kamar tidur semakin menarik, kamu dapat menempelkan wall sticker yang banyak dijual di pasaran. Tentu saja kamu juga harus memilih wall sticker yang sesuai denngan tema kamar anak yang akan membuatnya semakin menarik untuk anak.