Kabar mengejutkan datang dari Negara Jiran (tetangga), yaitu Malaysia. Pada tahun 2012 lalu, Negara ini telah membangun sebuah pusat peternakan kambing yang diklaim paling besar se-Asia Tenggara.

Sebelumnya proyek ini telah diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2008, namun proyek ini akhirnya selesai dan resmi berjalan baru pada tahun 2012.

Proyek pusat peternakan kambing terbesar se-Asia Tenggara milik Malaysia ini berada di Pekan, Pahang dan merupakan proyek milik Projek Agropolitan.

Perdana Menteri Malaysia kala itu, Najib Tun Razak, mengungkapkan bahwa dia dan tim Projek Agropolitan berharap proyek pusat peternakan kambing ini akan berkembang pesat dalam lima tahun ke depan.

Setidaknya dalam lima tahun ke depan ditargetkan Projek Agropolitan Pekan di Runchang dan Batu 8 mampu menghasilkan 25.000 ekor kambing biri-biri sekaligus menjadikan Pekan sebagai peternakan kambing terbesar se-Asia Tenggara.

Dengan adanya pusat peternakan kambing di Pekan tersebut, Najib mengharapkan pendapatan masyarakat lokal dapat ditingkatkan sebesar 5.000 Ringgit Malaysia ataus etara dengan Rp 14 juta dalam sebulan.

Sebelumnya memang pendapatan masyarakat lokal hanya berkisar sebesar 1.200 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 3,5 juta dalam sebulan.

Sehingga selain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, pemberdayaan SDM yang merata, proyek peternakan kambing ini juga diharapkan mampu menjadi support ekonomi keluarga Asia Tenggara.

Sehingga tak hanya Malaysia yang akan berinvestasi di proyek ini namun tak menutup kemungkinan juga ngera lain di Asia Tenggara juga bisa menanam modalnya atau mengimpor kambing-kambing terbaik dari peternakan ini.

Ditambahkan lagi oleh Najib, bahwa arah menuju pendapatan tinggi warga yang masuk dan tergabung dalam Projek Agropolitan di Pekan ini bisa diukur dari hasil lelang 465 ekor kambing seharga 265.000 Ringgit Malaysia.

Harga tersebut hampir setara dengan Rp 800 juta jika di Indonesia. Luar biasa bukan?

Dan kini sudah hampir lima tahun, proyek ini ternyata berjalan semakin besar dan menguntungkan.