Banyak pelajaran bisa kita dapatkan dari alam. Mulai dari pegunungan, tanah berawa, hutan, maupun lautan. Jadi, kalau kamu mau dapat banyak ilmu, lakukanlah perjalanan ke tempat-tempat tersebut salah satunya, laut.

Namun, banyak orang takut untuk berkunjung ke laut, apalagi ke bagian laut yang agak dalam, baik itu untuk surfing, snorkeling, diving, maupun hanya sekedar bermain-main ke laut.

Kenapa pada takut? Selain takut terkena ombak laut yang kencang, laut pun menurut ceritanya penuh dengan binatang-binatang yang mengerikan, sebagai contoh ubur-ubur kotak yang mampu membunuh orang.

Selain itu, hal yang mengerikan dari laut adalah dengan keberadaan hiu yang tidak hanya menakutkan karena mampu membunuh dengan sekali sentuh. Namun, yang lebih mengerikan ia terkenal suka mengejar dan mencabik-cabik mangsanya.

Nah, agar laut tidak semengerikan yang dibayangkan, maka kita perlu mengenalnya lebih dekat lagi, terutama dengan hiu yang paling mengerikan. Jangan sampai kita tidak menikmati keindahan laut karena alasan kita yang tidak berdasar.

1Hiu Frilled

galerigambarhewan.net

Jika kita mendengar nama hiu ini, sepertinya tidak ada yang perlu kita takutkan. Namun, anggapan kamu itu akan segera beralih ketika kamu melihat sosok hiu ini langsung. Melihat mukanya saja, kamu akan begidik ketakutan.

Tapi, dibalik itu semua kamu perlu tahu sebuah fakta bahwa hiu ini jarang sekali muncul di permukaan. Kenapa begitu? Karena habitat asli dari hiu ini di kedalaman 2 ribu meter di bawah permukaan laut.

2Hiu Basking

savesharksindonesia.com

Spesies hiu lainnya yang cukup mengerikan adalah hiu basking. Hiu ini menjadi hewan yang mengerikan karena ukurannya yang sangat besar. Namun, walaupun demikian kamu tidak perlu takut, hiu ini nggak suka makan manusia kok.

Hiu baskin walaupun berbadan besar, tapi ia memakan plankton-plankton yang ukurannya jauh lebih kecil. Panjang hiu ini diperkirakan mencapai 9 meter. Walaupun tidak berbahaya, tapi kamu tetap harus berhati-hati dengan kepakan ekornya.

3Hiu Paus

travel.kompas.com

Jika kamu menganggap hiu baskin belum menyeramkan, maka kamu perlu melihat hiu yang satu ini, hiu paus. Ukuran hiu ini jauh lebih besar dengan hiu baskin. Panjanh hiu ini bisa mencapai belasan meter dan berat sekitar 20 ton.

Tapi, keberadaan hewan ini di lautan jangan membuat kamu takut untuk ke laut ya. Soalnya, walaupun ukurannya besar, hiu ini terbilang ramah, karena ia hanya memakan plankton saja.

Dengan begitu, bukan berarti kita boleh berdekatan ya, tetap seram juga kalau bersentuhan dengan benda sebesar itu.

4Hiu Tresher

apakabardunia.com

Hiu tresher terkenal sebagai perenang yang cukup handal. Ciri khas dari hewan ini, ia memiliki ekor yang tegak dan panjang. Ia pun sering berenang di laut yang dangkal.

Hiu inilah yang membuat orang-orang yang sedang surfing atau melakukan kegiatan olahraga air bersegera untuk segera tiba ke pinggir pantai.  Seram juga kalau lagi di tengah laut berpapasan dengan hewan ini.

5Hiu Goblin

m.keepo.me

Kalau melihat penampilan hiu goblin, maka kita pasti sepakat kalau hewan inilah yang paling mengerikan di antara hewan lainnya. Bagian mulutnya memiliki mekanisme maju mundur agar gesit menangkap mangsa.

Yang lebih mengerikan dari spesies hiu ini, semua giginya terdiri dari gigi geraham. Hiu ini hidup di lautan yang dalam, namun terkadang juga muncul ke permukaan. Kamu perlu hati-hati dengan hiu ini, karena dia cukup agresif dalam kondisi terancam.

6Carcharocles Megalodon

deviantart.com

Hiu yang satu ini sudah punah dari lautan, kalau tidak, ia bisa jadi pemangsa tunggal di sana. Kita pun tidak bisa menikmati lautan dengan tenangnya. Bawaannya pasti was-was dengan keberadaan hewan ini.

Bagaimana tidak jadi pemangsa tunggal, badannya saja memiliki panjang 20 meter lebih, ditambah lagi beratnya yang bisa mencapai 100 ton. Apalagi jika kita melihat taringnya yang sangat panjang.

SHARE