Gagal merupakan kata yang tidak diinginkan oleh semua orang, juga tidak ada di setiap kamus dalam hidup manusia. Kata ini merupakan harus dan sangat dihindari, karena memang gagal rasanya tidak enak dan menyedihkan.

Tapi hidup ini seperti roda yang berputar, tidak bisa manusia terus-terusan berhasil, tidak bisa dia berada di puncak terus, ada kalanya harus mengalah, harus posisi di bawah dan harus menulis kalimat gagal dalam catatan hidupnya.

Kita harus ingat apa yang dilakukan oleh mereka yang sukses, seperti Thomas Alfa Edison, sudah berapa ratus kali gagal dalam percobaan listriknya.

Seperti penulis yang sekarang mendunia, yaitu JK Rowling, setelah tulisannya di tolak oleh belasan penerbit, tidak sedikit wanita itu mengalamai rasa tidak enak dan menyedihkan.

Jadi jika kamu gagal segeralah bangkit lagi, jika jatuh berdirilah kembali, yang terpenting adalah bukan berapa kali kamu jatuh, tapi berapa kali kamu bangkit. Ambil hikmahnya dan yakinlah suatu saat kamu akan berhasil

Di bawah ini ada 5 hikmah yang bisa kamu ambil jika mengalami kegagalan.

1Berani Mencoba Adalah Pemberani Sejati

infooku.com

Jika kamu gagal  itu menandakan bahwa kamu sudah melakukan sesuatu, kamu begerak dan mencoba. Itu menandakan bahwa kamu adalah seorang yang pemberani sejati.

Kamu berani melepas zona nyaman dalam hidupmu, kamu termasuk golongan orang-orang yang mempunyai tekad yang kuat. Banyak manusia yang hanya jadi pecundang yang nyaman dengan zona nyamannya.

Jadi gagal bisa dikatakan merupakan sifat dari seorang pemberani.

2Dapat Pelajaran yang Berharga

santapanrohani.org

Gagal merupakan tempat pembelajaran yang paling efektif, dimana saat itu kamu tahu dimana titik kelemahan dan kekuranganmu.

Sehingga ketika kamu ingin memulainya kembali kamu tahu apa yang harus di kerjakan, mana yang harus di dahulukan dan mana yang harus ditambah dan dikurangi. Ke depannya pasti akan membuat kamu lebih dekat lagi dengan tujuanmu.

Pelajaran ini juga membuatmu menjadi mengerti betapa hidup ini banyak sekali duri-duri tajam yang bisa membuatmu gagal. Banyak sekali rintangan yang tidak bisa  diprediksi dan bahkan bisa melukai.

3Gagal Beri Kita Kekuatan

yokeepo.com

Kamu harus tahu bahwa setiap kepahitan hidup, setiap kekecewaan, kesedihan, kegagalan akan beri kita kekuatan hati kita. Walaupun awalnya tidak enak, tapi justru inilah yang membuat diri kita lebih kuat.

Menjadikan hati dan jiwa lebih kuat dari sebelumnya, kita jadi tidak takut dengan kegagalan, jadi lebih kuat menghadapi tantangan ke depan.

4Menunjukkan Mana Sahabat Sejati Kamu

duniaku.net

Teman kamu, sahabat kamu belum akan terlihat seorang teman dan sahabat yang baik ketika belum teruji.

Di saat kamu gagal maka akan terlihat, siapa diantara teman kamu yang beri support, mana yang hanya ngomong tidak berguna dan mana yang justru menghindar. Teman sejati terlihat di saat seperti ini dan kamu pasti tahu.

Dan sahabat sejati, tentu mereka yang tulus menerima kamu apa adanya, tidak peduli kamu sukses atau saat kamu gagal. Tidak selalu membenarkan perkataanmu dan tentu yang selalu memotivasi setiap langkah usahamu bukan menunggu kesuksesanmu.

5Menjadikan Lebih Semangat

palingmales.com

Setelah kamu tahu apa yang harus di kerjakan,tentu ini membuat kamu lebih semangat untuk meraih sukses. Langkah dan rencana yang sudah tersusun dengan pengalaman di tambah dorongan dari sahabat pasti akan menjadikan kamu lebih semangat.

Benar tidak? Ingat gagal itu biasa, bangkit itu baru luar biasa, jadi nikmati saja dan menyerah tidak ada gunanya! Semoga menginspirasi.

 

 

SHARE