Kamu pasti sering mendengar nama tokoh yang satu ini. Ya, dialah Bruce Lee. Sosok terkenal yang mencetus aliran beladiri JetKuneDoo ini tak hanya piawal dalam martial art, tetapi juga adalah sesosok kharismatik yang penuh dengan petuah inspiratif.

Pria dengan nama lahir Lee Jun Fan ini sukses menjelma menjadi pria kharismatik yang dicintai banyak orang.

Pria kelahiran San Fransisco, 27 November 1940 yang menjadi ikon film di dunia aksi, juga sosok yang penuh dengan falsafah hidup. Ia sangat piawai dengan kata-kata inspiratifnya. Berikut petuah-petuah sakti dari Bruce Lee yang dapat membangkitkan gairah hidupmu.

1Tekunlah Saat Melakukan Sesuatu

pinterest.com

Tidak ada kesuksesan yang instan dalam hidupmu. Kamu ingin sukses dengan melakukan berbagai macam hal, namun kamu tidak tekun melakukannya.

Hal ini sama saja bohong. Bruce Lee bilang, kita tidak bisa hebat untuk melakukan segala hal. Misalnya, di sekolah kita dituntut untuk menguasai seluruh pelajaran. Padahal, belum tentu kita minat akan hal-hal tersebut.

Bruce Lee mengungkapkan, jika kamu ingin berhasil maka tekunlah akan satu hal. Apa artinya jika kamu memiliki 10.000 jenis pukulan yang hanya dilatih satu kali dibanding dengan satu jenis pukulan yang dilatih hingga puluhan ribu kali.

So, tetaplah tekun akan apa yang kamu sukai dan kamu lakukan. Tekunlah walau orang menganggap itu hanya angin lalu. Karena suatu saat, kamu akan menjadi ahli dan menuai hasilnya.

2Bijaksanalah dalam Menghadapi Masalah

thelastdragontribute.com

Berbagai macam reaksi jika kita dihadapkan oleh suatu masalah. Kita seringkali berfokus pada masalahnya, bukan terhadap penyelesaiannya.

Bruce Lee berkata, bijaklah kita dalam menghadapi masalah. “Seseorang yang bijaksana akan mendapat banyak pelajaran dari sebuah pertanyaan bodoh, dibanding seorang bodoh yang mendapatkan jawaban pintar”.

Kata-kata ini yang dimaksud Bruce Lee adalah perumpamaan untuk hal-hal yang membuat hidup kita terganggu.

Sebodoh apapun gangguan yang kita alami tentu ada sisi pembelajaran positif yang bisa dipetik untuk masa depan kita. So, bijaklah kamu dalam menghadapi apapun masalahmu. Ambil hikmah dari masalah yang datang, kemudian, teruslah move on.

3Akuilah Kesalahan Secara Jantan

pinterest.com

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Tidak ada manusia yang bersih dari dosa. Kita pasti pernah berbuat salah karena pada dasarnya kita pernah berbuat salah.

Yang jadi pertanyaan, apakah kamu sanggup untuk mengakui kesalahamu? Apakah kamu bisa tidak mencari kambing hitamĀ  atas masalahmu?

Mengakui kesalahan itu artinya berbuat jujur pada dirimu dan orang lain. Itu artinya, kesalahan adalah ketidaksempurnaan kita sebagai manusia.

Nah, kata Bruce Lee, sema kesalahan selalu dapat dimaafkan. Namun, harus ada yang berani mengakuinya. Bagaimana mungkin kamu dimaafkan jika masih keukeuh tidak bersalah.

Dengan mengakui kesalahan, kamu berproses menjadi orang yang lebih baik dan mengalami peningkatan kualitas dalam hidupmu.

4Mudah Beradaptasi

thelastdragontribute.com

Janganlah jadi manusia yang kaku dalam hidup. Fleksibilitas adalah hal yang penting dalam hidupmu. Seringkali kita mendapatkan masalah ketika berada di lingkungan yang benar-benar baru. Apa kata Bruce Lee?

“Di dalam hutan, justru pohon yang paling keras dan kaku adalah yang lebih mudah patah ketika diterjang angin. Perhatikan pohon bambu atau pohon willow yang tipis dan terlihat rapuh. Justru pohon inilah yang bertahan karena membengkok mengikuti terjangan angin”.

So, janganlah memaksakan diri untuk kaku pada hal-hal yang tidak disukai lingkungan. Kamu cobalah untuk mudah beradaptasi dengan lingkunganmu. Karena tidak selamanya pohon bambu bengkok kan?

Kemudian, kata Bruce Lee, memang kamu perlu beradaptasi, tapi apakah kita harus manut saja pada tekanan lingkungan kita? Bagaimana jika kamu terbawa ke arah keburukan?

Bruce Lee mengandaikan dengan air yang selalu bisa beradaptasi. Tak peduli bagaimana bentuk wadahnya, air akan beradaptasi mengikutinya. Jadilah air.

Fleksibel dan tenang. Tapi jangan lupakan sifat air yang juga bisa menghancurkan. Batu yang terkena tetesan air lama-lama akan berlubang.

Air yang mengamuk dalam arus deras bisa menenggelamkan banyak hal di dalamnya. So, jadilah air yang bisa beradaptasi namun bisa juga mengubah lingkungannya.

5Ciptakan Peluangmu Sendiri.

digitalstand.com

Kamu pasti pernah merasa rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri. Kamu merasa iri dengan orang lain yang kondisinya dirasa lebih menyenangkan darimu.

Orang tua berpunya, punya jaringan luas, punya bisnis bagus hingga menyelesaikan studimu ke jenjang lebih tinggi. Iri terus-menerus tentu tidak akan ada habisnya. Kata Bruce Lee, peduli setan dengan keadaan, ciptakan peluangmu sendiri!

Mari, ciptakan peluangmu sendiri. Hanya mengeluh dan berangan-angan tidak akan membuatmu sukses.

6Mulailah Melakukan

quotesgram.com

Berbagai rencana ada di kepalamu. Mulai dari A-Z. Namun, tidak ada aksi yang kamu lakukan. Teori saja tidaklah cukup, butuh aksi untuk kamu memulai kesuksesanmu.

Maka, mulailah melakukannya. Ingin saja tidak akan cukup, kamu harus benar-benar melakukannya agar dapat menghasilkan sesuatu. Agar kamu dapat menghasilkan karya ciamik di hidupmu.

7Be Yourself

slideshare.com

Beragam cara kamu lakukan untuk tampil sempurna seperti orang lain. Padahal, kehebatanmu adalah dengan menjadi dirimu sendiri.

Karena apapun yang kamu lihat dan kamu lakukan seperti orang lain, bukanlah dirimu sendiri. Kamu hanya copy cat kesuksesan orang lain tanpa memperlihatkan identitas jati dirimu sesungguhnya. Jadilah orang sukses lewat caramu sendiri.

Seperti kata Bruce Lee, jadilah dirimu sendiri, dan jangan sukses karena kamu menduplikasi orang lain. Yuk semangat sukses seperti yang Bruce Lee bilang!