Tentunya anda sering menggunakanuang pecahan Rp. 10.000 bukan?

Mungkin sobat juga tak asing dengan gambar Rumah Limas yang tertera di lembaran uang tersebut.

Tetapi banyak diantara Anda yang tampaknya belum tahu bahwa rumah asli dalam gambar tersebut ternyata ada di Palembang, Sumatera Selatan.

Gambar Rumah Limas pada uang sepuluh ribu rupiah ternyata merupakan rumah limas tua yang sudah dibangun sejak tahun 1830.

Apabila ingin melihat Rumah Limas asli khas Palembang tersebut maka anda bisa mengunjungi Museum Balaputra Dewa Palembang karena saat ini Rumah Limas itu telah jadi salah satu bagian dari koleksi benda-benda bersejarah di Komplek Museum Balaputra Dewa.

Bangunan Rumah Limas asli tersebut ada di belakang ruang pameran 3 museum.
Wisatawan yang berkunjung diizinkan masuk ke dalam Rumah Limas untuk menyaksikan isi atau perabotan yang digunakan pada masa lalu.

Tapi tentunya tak sembarangan, pengunjung harus terlebih dahulu melapor ke petugas museum.

Sebab, untuk masuk ke dalam rumah antik itu wisatawan wajib dikawal petugas.
Berdasarkan penelusuran sejarah dari beberapa sumber, Rumah Limas yang berada di halaman belakang Museum Balaputra Dewa ini didirikan pada tahun 1830 dan awalnya dimiliki oleh Pangeran Syarif Abdurrahman Al-Habsi.

Lantas, Pangeran Batun membelinya dan dipindahkan ke Sirah Pulau Padang. Rumah Limas kembali berpindah ke Pemulutan setelah dibeli Pangeran Punto.

Sebelum Pangeran Punto menjualnya ke Belanda, rumah ini telah dipindahkan ke Talang Pangeran. Setelah Rumah Limas dikuasai oleh Belanda, rumah tersebut dipindahkan ke belakang Gedung Menara Air (saat ini Kantor Walikota Palembang) pada tahun 1932.

Sejak tanggal 22 April 1933, rumah adat Palembang ini dijadikan museum yang diberi nama Museum Rumah Bari. Lalu akhirnya pada tahun 1985, Rumah Limas dipindahkan ke Museum Balaputra Dewa.

Nah, jika ingin melihat penampakan asli dari rumah yang ada diuang sepuluh ribu rupiah itu datanglah ke Museum Balaputra Dewa yang berlokasi di Jl. Srijaya I No. 288, km 5,5 Palembang.

Museum ini dibuka setiap hari kecuali Senin mulai dari jam 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

SHARE