Menjadi mahasiswa pastinya menjalani perkuliahan dan berkutat dengan tugas-tugas kampus yang terkadang membuat pusing.

Kebanyakan mahasiswa adalah mereka para perantau yang tinggal jauh dari keluarganya. kebanyakan dari mereka  mengandalkan biaya kuliah dan kos dari orang tua.

Maka mereka harus berjuang untuk hidup hemat selama satu bulan. Yup, mau tidak mau sembari menempuh pendidikan para mahasiswa ini juga harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan atau bisa dibilang menjadi manajemen  keuangan bagi dirinya sendiri.

Akan tetapi, terkadang perencanaan tersebut seringkali meleset sebab terdapat kebutuhan tak terduga atau mendesak di tengah bulan sehingga mengakibatkan mereka kehabisan uang saku.

Nah, untuk mengatsai hal itu bisa dengan melakukan kegiatan yang kreatif yakni dengan melakukan kerja sampingan. Berikut terdapat pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa.

Guru Les

9 juli guru les
lesprivatpep.wordpress.com

Menjadi guru les merupakan salah saru pekerjaan sampingan yang paling polpuler di kalangan mahasiswa.

Jika kamu yakin dengan kemampuan akademismu, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi guru les. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru les private atau mengajar di  bimbingan belajar.

Apalagi bagi kamu mahasiswa jurusan kependidikan, pekerjaan sampingan ini dapat melatih kemampuanmu dalam mengajar dan menghadapi peserta didik nanti setelah terjun ke duni kerja.

Penerjemah

9 juli penerjemah
mahasiswacarirejeki.blogspot.com

Jika kamu yakin akan kemampuan di bidang bahasa asing, cobalah mencari pekerjaan sebagai penerjemah. Menjadi penerjemah membutuhkan ketelitian.

Terkadang banyak juga lho yang membutuhkan penerjemah unutk buku imliah, artikel dan lain sebagainya.

Pekerjaan ini tidak setiap hari ada atau tidak setiap hari orang membutuhkan jasa ini, akan tetapi tak ada salahnya jika kamu berani untuk menawarkan diri dalam jasa penerjemah.

Penghasilannya lumayan juga, apalagi jika kamu telah menjadi penerjemah handal yang dikenal banyak orang, pastinya banyak yang membutuhkan jasa terjemahanmu dan pengahsilannya cukup besar.

Penulis Lepas

9 juli freelancer writer
performancing.com

Bagi kamu mahasiswa yang suka nulis dan memiliki wawasan luas, cobalah mencari kerja sampingan menjadi penulis lepas atau freelance writer.

Jasa penulis lepas sekarang ini banyak diminati dan dicari. Sebab para pebisnis online membutuhkan para penulis handal untuk mengisi website mereka.

Nah, kamu bisa mencobanya,  menjadi penulis lepas cukup menyenangkan, kerjaan tersebut bisa kamu lakukan kapan saja.

Wartawan Lepas

9 juli wartawan
news.merahputih.com

Selain menjadi penulis lepas, kamu bisa mencoba pekerjaan part time menjadi wartawan lepas. Menjadi wartawan lepas bisa di media online atau media cetak, pekerjaan tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dengan tepat dan positif.

Pelayan Restoran

9 juli resto
www.primahapsari.com

Keuntungan kerja part time menjadi pelayan restoran cepat saji yakni jam kerjanya teratur dan penghasilnya pun cukup memuaskan.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa mendapatka jatah makan gratis, jadi lumayan bisa menghemat biaya makan.

Penjaga Warnet

9 juli pnjaga warnet
kowpk.blogspot.com

Inilah kerja sampingan yang juga populer di kalangan mahasiswa. Sembari kerja menjaga warnet kamu bisa mencicil tugas-tugas kuliahmu.

Biasanya mereka yang memilih kerja sampingan ini adalah mahasiswa yang tidak memiliki minat mengajar dan umumnya mahasiswa yang gemar akan bidang IT.

Kamu minat kerja part time yang mana? Semoga informasi di atas bermanfaat