Memiliki penyakit bernama maag ini sungguh sangat mengganggu sekali untuk para penderitanya. Selain bisa membuat aktivitas terbengkalai, juga rasa sakitnya bisa membuat seseorang lemah dan kesakitan hebat.

Apalagi bagi mereka yang telah menderita maag kronis. Walaupun sudah berusaha disembuhkan, namun nyatanya penyakit maag bisa datang kembali sewaktu-waktu.

Nah, sebentar lagi bulan suci Ramadhan kembali tiba mendatangi umat Muslim. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini merupakan bulan wajib dimana umat Muslim akan berpuasa sebulan penuh.

Berbagai persiapan hendaknya memang harus segera dilakukan oleh umat Muslim agar bulan Ramadhan ini bisa dilalui dan dimanfaatkan dengan lebih baik dibandingkan dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan persiapan para penderita maag kronis agar bisa melewati puasa dengan lancar dan tetaps ehat sampai akhir? Yuk intip tips jitunya berikut ini!

1Makan Sahur dan Berbuka yang Teratur

www.katariau.com

Baik untuk penderita maag, maag kronis, penyakit lain, maupun yang sehat segar bugar pun tetap harus makan sahur dan berbuka puasa yang teratur agar puasanya tetap berjalan lancar dengan kondisi tubuh yang fit.

Makan sahur dan berbuka puasa yang teratur dengan porsi makan minum yang cukup tidak berlebihan atau terlalu sedikit akan dapat menjadi asupan penting bagi tubuh untuk tetap kuat menjalani puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

2Melakukan Aktivitas Bermanfaat dan Istirahat Cukup

csdnews.com

Jika mungkin di hari biasanya seseorang bisa melakukan aktivitas sampai menguras tenaga, maka saat berpuasa seseorang baiknya bijak dalam beraktivitas.

Terutama bagi penderita penyakit maag kronis, baik di hari biasa maupun terutama saat puasa, jangan terlalu memforsisr tenaga untuk aktivitas yang berat apalagi yang tidak bermanfaat.

Lakukan aktivitas seperti biasanya, belajar, sekolah, kuliah, bekerja, atau apapun namun yang benar-benar bermanfaat dan bijaksana. Serta jangan lupa beristirahat yang cukup, tidak berlebihan juga karena tubuh bisa lemas jika kebanyakan tidur.

3Hindari Stress

kipmi.or.id

Sejatinya puasa memang tak hanya menahan haus dan lapar namun lebih dari itu bahwa puasa adalah menahan hawa nafsu dan amarah yang berlebihan dalam diri umat Muslim untuk mendapat rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Nah, sebenarnya ini bisa menjadi sebuah terapi tersendiri bagi penderita sakit maag kronis. Karena salah satu sebab asam lambung tinggi yang menyebabkan maag adalah meningkatnya kondisi emosi dan stress dalam diri seseorang.

4Konsumsi Obat Secara Teratur

tentangautoimun.wordpress.com

Sebelum makan sahur dan sesudahnya, serta sebelum makan buka dan sesudahnya, sebelum tidur juga, atau sesuai dengan resep dokter, konsumsilah obat maagmu dengan teratur.

Jika sudah terlalu sering mengkonsumsi obat medis namun belum bisa cukup membantu, atau dirasa sudah terlalu cukup namun kamu masih butuh pendamping untuk tubuh, cobalah konsumsi obat herbal bagi penderita maag kronis.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu, para penderita maag kronis, coba agar puasa Ramadhanmu berjalan lancar dan tubuhmu tetap sehat segar bugar. Semoga Ramadhan tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamiin.