beritabojonegoro.com

Kamu Merasa Mellow Saat Hujan? Inilah 4 Alasannya

Posted on

Tuhan menurunkan keberkahan yang diturunkan ke muka bumi ini, salah satunya dengan turunnya hujan. Kehadirannya tentu membahagiakan setiap makhluk, baik manusia, hewan dan tumbuhan. Walau demikian, ada saja orang-orang yang merasakan pengalaman buruk ketika hujan turun.

Pengalaman sedih yang akhirnya membuat diri kita mellow memang seringkali muncul. Banyak kenangan masa lalu yang terukir ketika hujan mendadak datang. Kira-kira apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Berikut ini penjelasan singkatnya. Simak dengan seksama ya.

Cuaca Mempengaruhi Mood Seseorang

virala.id
virala.id

Penelitian yang pernah dilakukan di berbagai negara membuktikan bahwa cuca dapat mempengaruhi mood seseorang. Setiap cuaca yang muncul akan berhubungan dan mempengaruhi kondisi manusia yang mengalami cuaca yang sedang berlangsung.

Hujan Membuat Perasaan Tak Baik Datang

virala.id
virala.id

Di tahun 2013, beberapa ilmuwan meneliti tentang pengaruh cuaca hujan dan panas terhadap perasaan seseorang. Hasil yang mereka temukan, bahwa kedua cuaca tersebut mempengaruhi emosi seseorang menjadi buruk.

Selain itu, air hujan yang menyebabkan aroma tanah yang khas terbawa ke atas dan terhirup oleh indera penciuman manusia  dapat menstimulus perasaan nyaman. Rasa nyaman inilah yang akhirnya menghadirkan rasa tenang sesaat dan cocok bagi kamu untuk melakukan refleksi pada banyak hal.

Salah satu refleksi yang muncul, kamu akan mengingat kembali apa-apa yang pernah terjadi. Baik pengalaman yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Kenangan atas pengalaman inilah yang pada akhrinya mempengaruhi mood kamu.

Jangan Mellow dan Jadikan Hujan untuk Menghadirkan Inspirasi

virala.id
virala.id

Perasaan mellow yang kamu rasakan ketika hujan tiba memang wajar. Tetapi, jika rasa itu terus menerus mendominasi perasaanmu, tentu hal ini juga tidak baik bagimu. Lebih baik, jadikan momen ini sebagai ajang menyelami dan menemukan inspirasi.

Inspirasi ini nantinya akan berguna untuk hal-hal positif seperti menciptakan lagu, menulis karya sastra, membaca buku, atau mendesain produk baru. Hal positif seperti ini sangat nyaman dilakukan saat hujan turun. Rasa nyaman dan ketenangannya dapat memaksimalkan hasil ide kreatifmu.

Zat Serotonin Berkurang ketika Hujan

m.reddit.com
m.reddit.com

Saat hujan turun, cahaya matahari pun menjadi banyak berkurang. Hal ini berdampak pada berkurangnya produksi Vitamin D dalam tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi level serotonin yang ada dalam otak.

Serotonin adalah zat protein yang membawa sinyal dari sel saraf menuju sel target. Serotonin juga memiliki tugas mengatur mood dan berperan dalam proses mengingat. Saat hujan, cuaca menjadi gelap.  Level serotonin pun menurun yang pada akhirnya membuatmu mudah melamun dan mellow.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *