Siapa yang tidak kenal Yogyakarta? Kota sejuta pesona. Semua yang kamu butuhkan ada di sana. Mulai dari tempat wisata, budaya, perguruan tinggi sampai dengan tempat nongkrong paling keren tersedia di Yogyakarta.

Kalau dengar kata-kata nongkrong neh, pasti identik dengan anak muda. Yang hobinya nongkrong yang hanya anak muda. Entah itu hanya nongkrong, ngobrol, ngelamun maupun meeting, semuanya dilakukan di tempat nongkrong.

Di mana saja sih tempat nongkrong favorit anak muda Yogyakarta? Lihat yuk!

1Epic Café

hanafipray.wordpress.com

Epic Café merupakan tempat nongkrong modern yang digemari anak muda. Tapi, hanya anak muda yang berkantong tebal yang bisa nongkrong di sini. Kafe ini terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar nomor 29, Sleman.

Dari segi arsitektur, Epic Café terbilang menarik dengan gaya industrial warehouse New York. Kemewahan Epic Café semakin terlihat dari tatanan benda interior yang ada di dalamnya. Tapi, benda interior tersebut untuk diperjualbelikan, tidak hanya dipajang saja.

2Blanco Coffe & Book

cariarah.com

Inilah kafe yang dimiliki seorang pria tampan. Pengunjung kafe ini kebanyakan adalah kaum wanita. Sampai sekarang, kafe yang bernama Blanco Coffe & Book makin ramai. Apalagi fasilitas meja yang luas dapat dijadikan sebagai tempat berdiskusi favorit bagi anak muda.

Keunikan kafe semakin terlihat dari susunan buku-buku yang diletakan dalam rak buku raksasa. Kamu boleh membacanya sembari menunggu pesanan datang. Namun, kamu dilarang membawa pulang bukunya ya.

Croissant merupakan makanan yang menjadi andalan kafe ini. Kelezatan rasanya,membuat para pengunjung penasaran ingin menikmatinya. Makanan lainnya juga dapat kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000.

3Angkringan KR

richanworld.blogspot.com

Seperti halnya nama sebuah kantor redaksi yang berdiri di belakangnya, angkringan KR merupakan singkatan dari Angkringan Kedaulatan Rakyat. Berada tepat di halaman Kantor Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat.

Tempat ini cocok banget dijadikan tempat konkow anak muda yang punya budget terbatas. Komunitas-komunitas tertentu juga sering meeting di sini. Bukan cuma soal harganya yang murah meriah, tetapi juga setting tempatnya yang nyaman banget.

Kamu dapat menikmati bermacam-macam menu di angkringan tersebut, seperti nasi kucing, nasi kikil, nasi oseng tempe, sego sambel, nasi sambel teri dan lain-lain. Selain itu, ada juga lauk tambahan seperti, sate telur puyuh, sate usus, gorengan dan kerupuk.

Tidak ketinggalan es susu tape ijo yang menjadi menu andalan Angkringan KR. Soal harga, cukup terjangkau, antara Rp1000 sampai Rp5000 saja.

4The House of Raminten

wikimedia.org

Dari namanya saja sudah kedengaran unik, apalagi fasilitas yang ada di dalamnya. Kamu yang tinggal di Yogyakarta wajib ke sana. Singgahlah sebentar walau hanya menikmati nasi kucing, rawon jumbo, gudheg atau mie goreng dengan kelezatan khas Jawa.

Ada juga es khas The House of Raminten, yaitu es teler Raminten, susu pawon Kebumen, dawet gladri, gajah ndekem, es ponconiti, bir pletok (bukan bir beneran lho) dan masih banyak lagi. Harganya juga nggak mahal-mahal amat. Kisaran Rp1000-Rp25.000.

5Tempo Gelato

akbrod.wordpress.com

Tempo gelato merupaka kafe dengan gaya arsitektur industrian dan rustic. Kafe yang satu ini memang jadi tempat favoritnya anak muda di Yogyakarta. Ada banyak jenis kopi yang dijual di sini dan es krim khas Italia yang dinamakan gelato.

Gelato yang disuguhkan memiliki ragam rasa, antara lain coklat,vanilla, stoberi. Red dragon, nutella, caramel, mango dan lain sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau,kisaran Rp20.000 sampai Rp25.000.

6Angkringan Wilijan

haiineola.com

Sekitar 50 meter ke arah selatan Plengkung Wilijan, Yogyakarta, kamu akan melihat angkringan yang paling ramai dikunjungi orang. Kebanyakan dari mereka adalah anak muda. Itulah angkringan wilijan yang sangat terkenal di Yogyakarta.

Dulunya, angkringan wilijan bernama angkringan Kang Harjo. Bangunannya hanya terdiri dari satu lantai. Namun kini, telah ditambahkan menjadi dua lantai. Pengunjung yang datang pun semkain banyak.

Jenis makanan yang disajikan antara lain, sambal teri, sate jeroan, sate telur, telur ceplok, tumis cumi-cumi, ayam goreng dan lain sebagainya. Harga minuman dan makanannya sekitar Rp2000 sampai dengan Rp5000.