Apa hobi yang kamu miliki? Masing-masing orang pastinya memiliki hobi yang berbeda-beda, seperti olahraga, membaca, menulis, traveling, fotografer dan lainnya.

Berangkat dari sekedar hobi, tak jarang pula hobi yang dimiliki menjadi sebuah passion. Misalnya menulis, banyak yang suka menulis tapi yang memiliki komitmen untuk tersu menulis akan menjadikan hobi itu semakin bermanfaat, paling tidak bermanfaat untuk diri sendiri.

Kita tahu bahwa banyak penulis Indonesia yang memiliki karya-karya hebat atau best seller dan mereka mengajak kita untuk ikut berkarya.

Beberapa penulis yang produktif dan sharing tentang kepenulisan antara lain Tere Liye, Dewi Lestari, Ahmad Fuadi, Andrea Hirata, dan masih banyak lagi.

Karya-karya mereka memberikan inspirasi yang tentunya sangat bermanfaat apalagi bagi para pembaca yang memiliki hobi membaca.

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, berikut  beberapa fakta menarik dari sosok Tere Liye yang mungkin dapat menginspirasimu.

Ternyata Tere Liye adalah Seorang Lelaki Sederhana

12 juli 1 1
haqizoufadillah.wordpress.com

Pertama kali membaca novel karangan Tere Liye, mungkin banyak yang beranggapan bahwa pengarangnya adalah seorang perempuan.

Jika kamu amati di setiap buku-buku karangan Tere Liye, ia tidak menampilkan foto di dalamnya. Maka tidak heran jika banyak orang yang berandai-anda bahwa Tere Liye adalah sosok perempuan.

Akan tetapi, ternyata Tere Liye adalah sosok lelaki yang sederhana yang kharismatik, ia lelaki bermata sipit yang biasanya menggunakan jeans dan kaos serta  peci sebagai penutup kepalanya.

Karya Tere Liye Pernah Ditolak Penerbit, Tapi Dia Tidak Pernah Menyerah

 

12 juli 2
arulchandrana.wordpress.com

Tahu kah kamu dulu saat awal-awal, naskah Tere Liye Pernah ditolak oleh salah satu penerbit.

Saat itu ia tidak menyerah begitu saja dan ia pun masih memiliki semangat untuk mengirimkan naskahnya ke penerbit lain.

Ketika akhirnya naskanya diterima oleh penerbit, ia berhasil menerbitkan buku dan sungguh luar biasa respon dari para pembaca.

Maka hingga saat ini ia masih menjadi penulis yang produktif bahkan karya-karyanya selalu dinanti-nanti oleh pembaca.

Pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman tersebut yakni bagi penulis awal, jangan mudah menyerah jika naskah ditolak. Kita bisa memperbaiki naskah tersebut dan dikirimkan lagi ke penerbit lain.

Penulis Dilarang Malas

12 juli lazy
play.google.com

Ketika seseorang telah berkomitmen untuk menjadi seorang penulis, maka ia dilarang untuk malas. Sebab menulis membutuhkan latihan.

Jika kita terus mengasah kemampuan menulis kita maka tulisan itu akan terus berkembang dan tentunya lebih baik.

Setiap Orang Memiliki Gaya Menulis yang Berbeda

12 gaya nulis
rudicahyo.com

Jangan takut jika tulisanmu tidak disukai beberapa orang. Ingatlah bahwa gaya setiap orang berbeda-beda dalam menulis.

Yakinlah bhawa karya-kraya yang dihasilkan dapat diterima dan disukai masyarakat. Just be your self! Menulislah dengan caramu dendiri dan gaya bahasamu.

Tetap Menulis Meski Hasilnya Kurang Memuaskan

12 juli nulis
writingmentorshipugm.blogspot.com

Ketika kamu mengalami kebuntuan ide dalam menulis arilah celah untuk menembus kebuntuan  itu caranya dengan tetap menulis. Percayalah tulisan yang kami simpan dan timbun tidak akan sia-sia.

Peka Terhadap Keadaan Sekitar

12 peka
www.kaskus.co.id

Untuk menjadi penulis yang profesional, maka kita juga harus peka dengan keadaan sekitar. Mungkin saja tulisan yang kita hanya berangkat dari hal-hal mungkin dianggap sepele di lingkungan sekitar.

Akan tetapi justru hal itu dapat menggunggah perasaan  para pembaca. Cerita yang hidup membutuhkan perasaan yang terlibat di dalamnya.

Semoga beberapa hal di atas bermanfaat buat kamu yang memiliki hobi menulis dan bisa memberikan inspirasi.