Merokok adalah suatu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak bisa meinggalkan kebiasaan tersebut.

Rokok mengandung bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya. Jika para perokok terus menerus menghisap rokok maka bahan kimia tersebut dapat menyebabkan penyakit.

Perlu kau ketahui bahwa rata-rata satu batang rokok memiliki kandungan sekitar hampir 3.000 lebih bahan kimia berbahaya.

Kamu perlu mengetahui bahan-bahan kimia apa saja yang terkandung di dalam rokok dan bahayanya bagi tubuh.

Yang pertama adalah nikotin. Rokok mengandung nikotin yang sangat tinggi. Zat yang berasal dari tumbuhan tembakau ini dapat mengakibatkan kanker serta merusak struktur DNA.

Ada juga kandungan Benzene di dalam rokok. Benzene merupakan petrokimia yang dipakai untuk mengeringkan pakaian. Kandungan bahan itu dapat mengakibatkan kanker darah.

Selanjtunya rokok mengandung Arsenik. Ia adalah logam yang bisa meracuni darah. Banyak kasus pekerja pabrik yang meninggal karena keracunan arsenik.

Kemampuan sel dalam tubuh untuk memperbarui diri dapat terganggu karena akumulasi arsenik.

Kamu mungkin tak asing dengan bahan kimia yang satu ini, yakni Tar. Tar adalah kandungan yang paling berbahaya.

Tar bersifat karsinogenik ketika rokok dibakar. Tar dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit darah dan gangguan kehamilan dan janin.

Terdapat juga bahan kimia penghilang cat kuku, ia adalah Aseton. Rokok juga mengandung aseton, yang jika ia masuk melewati paru-paru maka aseton akan melekat di paru-paru.

Asap rokok mengandung karbon monoksida. Ia merupakan gas beracun yang bisa menempel pada sel darah merah dan dapat mengganggu pangangkutan oksigen dalam darah.

Hal itu menyebabkan kerusakan paru-paru dan dapat berpotensi penyebab penyakit koroner.

Rokok juga mengandung amonia, ia dalah bahan kimia yang biasanya tercium pada pembersih toilet. Bahan ini mengakibatkan rasa pusing dan membuat kecanduan.

Kadmium dalam rokok juga sangat berbahaya. Ia adalah salah satu logam bahan kimia untuk membuat baterai.

Jika zat ini terhirup maka akan tersimpan di lapisan ginjal sehingga mengakibatkan kerusakan ginjal.

Dan masih banyak lagi kandungan dalam rokok  yang sangat berbahaya. Bagaimana denganmu para perokok? Masihkah ‘melanjutkan’ kebiasaaan yang membahayakan tubuhmu itu?

SHARE