Siapa diantara kamu yang suka wortel? Yup, wortel adalah salah satu sayuran dengan warna orange cerah yang menarik.

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat menyehatkan. Ia juga sayuran yang dibudidayakan dan sangat populer di seluruh dunia.

Tanaman yang diambil akar tungganya ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang luar biasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Wortel memiliki rasa yang manis. Ia kaya akan zat anti-oksidan, vitamin, dan serat. Wortel juga rendah kalori.

Karena ia hanya mengandung 41 kalori per 100 gram dan tidak megandung lemak serta kolesterol.

Wortel adalah sayauran yang banyak mengandung karoten dan  vitamin A. Wortel juga mengandung karoten.

Tahukah kamu bahwa 100 gram woetel mengandung kurang lebih 8285 mg beta-karoten dan 16.706 IU vitamin A.

Penelitian telah menemukan bahwa kandungan tersebut dapat membantu untuk melindungi kulit, paru-paru, dan kanker rongga mulut.

Jadi prosesnya begini, ketika wortel telah dikonsumsi, karoten akan dirubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Untuk Beta karoten sendiri, ia merupakan jenis karoten utama yang terdapat di dalam wortel.

Beta karoten adalah salah satu anti-oksidan alami yang paling kuat, ia dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang sangat berbahaya.

Vitamin A yang terkandung di dalam sayuran ini memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan mata, meningkatkan kesehatan reproduksi pria serta pemeliharaan, pertumbuhan dan perkembangan epitel.

Di dalam wortel juga mengandung banyak zat anti-oksidan yang disebut poliacetylene dan falcarinol. Para ilmuwan di University of Newcastle melakukan sebuah penelitian pada hewan di laboratorium.

Mereka menmukan bahwa falcarinol dalam wortel dapat melawan kanker dengan mengahncurkan sel-sel prakanker. Menajubkan!

Tidak hanya kaya akan vitamin A, wortel juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat menjaga kesehatan jaringan ikat, gigi dan gusi serta senjata ampuh melawan radikal bebas.

Sayuran ini juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin B6, mengandung mineral seperti kalsium, tembaga, kalium, dll.

Banyak sekali kandungan nutrisi di dalam wortel yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayur, khususnya wortel  ini dan rasakan manfaat sehatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here