Sebutkan sayuran hijau yang sering dikonsumsi keluargamu? Kangkung pasti termasuk salah satu di antaranya. Sayuran hijau satu ini memang mudah di jumpai di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Kangkung dalam bahasa latin disebut Lpomea aquatic. Ada juga yang menyebut kangkung sebagai water morning glory, water convolvulus, atau water spinach.

Kangkung dapat dibeli di pasar tradisional sampai supermaket besar. Cara mengolah kangkung mudah dan sederhana. Olahan kangkung dapat dijumpai di warung makan sederhana sampai restoran mahal.

Kangkung diolah menjadi berbagai makanan seperti tumis kangkung, kangkung saus tiram, plencing kangkung, dan sebagainya. Selain itu kangkung sangat akrab menemani menu sea food.

www.faezaseri.com
www.faezaseri.com

Namun, ada beberapa orang yang menghindari kangkung lantaran mitos yang mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Bahkan ada beberapa orang yang mempercayai kangkung sebagai obat insomnia.

Gosip ataukah fakta bahwa kangkung dapat menjadi penyebab mengantuk? Berikut ini beberapa pendekatan ilmiah yang dapat menjelaskan mitos tersebut.

1Kandungan Zat Kimia

www.logvestagro.com

Kangkung mengandung zat kimia yang bersifat sedativ atau penenang. Komponen kimia tersebut akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan kemudian membuat kamu mengantuk.

Namun, prediksi ini belum tentu benar. Respon masing-masing orang terhadap zat sedativ tersebut berbeda-beda. Beberapa orang mengantuk saat memakan 5 sendok kangkung.

Ada beberapa orang juga yang sama sekali tidak mengantuk meskipun sudah mengkonsumsi satu porsi kangkung.

Selain itu berdasarkan fakta yang ditulis oleh Nutrifood Research Center, kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung).

Kalium ini dapat mengurangi tekanan darah sehingga efek yang diberikan pada orang yang mengkonsumsi kangkung dapat mengantuk.

Lagi-lagi fakta kalium ini hanyalah prediksi. Efek kepada masing-masing orang dapat berbeda-beda.

2Belum Ada Penelitian Secara Medis

www.ukb.ac.id

Sampai sekarang belum ada uji klinis mengenai efek mengkonsumsi kangkung terhadap rasa kantuk. Hal ini semakin menguatkan bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk belum tentu benar.

3Banyak Makanan Lain yang Dapat Membuat Mengantuk

www.hargasumut.org

Selain kangkung ada beberapa makanan yang pantas dijadikan tersangka penyebab rasa kantuk. Makanan tersebut adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan indek glikemiks yang tinggi.

Makanan ini diserap tubuh dengan cepat namun juga dapat dengan cepat diturunkan kembali. Penurunan gula darah yang sangat signifikan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan sering menguap.

Apakah kamu pernah mengantuk saat kekenyangan memakan jagung manis atau kentang goreng? Kira-kira seperti itulah efeknya.

Mulai sekarang kamu tidak perlu takut mengkonsumsi kangkung sebagai menu makan siang. Hal yang dapat menyebabkan kamu mengantuk bukan kangkung. Namun, kekenyangan saat makan sianglah yang membuatmu mengantuk.

4Fakta Ilmiah Bahwa Kangkung Membuat Tubuh Bugar

www.resep82.blogspot.com

Kangkung mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi ini dapat meningkatkan konsentrasi otak. Selain itu zat besi membantu pembentukan sel darah merah sehingga tubuh menjadi bugar.

Fakta ilmiah ini justru berkebalikan dengan mitos yang mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk.

Akhir-akhir ini beredar banyak isu terkait makanan yang belum jelas kebenarannya. Oleh karena itu jangan terlalu mudah percaya dan hendaknya dicari kebenarannya dari berbagai informasi.

www.kokisuper.com
www.kokisuper.com

Konsep gizi yang relevan saat ini adalah gizi seimbang. Variasikan makanan yang di konsumsi keluargamu, termasuk juga jenis sayuran hijau untuk memenuhi gizi seimbang. Kangkung adalah sayuran hijau yang baik untuk kesehatan.

Asal tidak dikonsumsi terlalu banyak, kangkung tidak akan memberikan efek negatif terhadap tubuh. Segala sesuatu yang baik jika di konsumsi terlalu banyak akan memberikan efek negatif.

SHARE