www.cityofhope.org

Waspadai 7 Macam Kanker yang Bisa Menyerang Anak-anak

Posted on

Berdasarkan data statistik International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan bahwa 1 dari 600 anak menderita kanker sebelum usianya menginjak 16 tahun. Kanker pada anak diperkirakan mencapai 1 persen dari jumlah penyakit kanker secara menyeluruh.

Tentu data tersebut sangat menakutkan untuk orang tua. Terlebih lagi, gen risiko kanker sebesar 40 persen didapat dari orang tua.

Penyakit yang satu ini memang memerlukan perlakuan khusus, sarana dan prasarana yang juga khusus. Apabila kanker menimpa anak, niscaya memerlukan usaha lebih dari orang tua, saudara, dokter dan lingkungannya.

Meski begitu, masih banyak cara pencegahan yang dapat dilakukan. Kanker pada anak dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini dan pengobatan serta perawatannya dilaksanakan dengan sarana dan prasarana yang baik.

Untuk itu, sebelumnya kenalilah tanda-tanda kanker pada anak. Berikut ini beberapa jenis kanker yang menyerang anak.

Leukimia

berbagaipenyakit-1.blogspot.com
berbagaipenyakit-1.blogspot.com

Kanker ini seringkali dijumpai pada anak. Berdasarkan penelitian, sekitar 33 persen dari seluruh kanker yang ada pada anak-anak adalah leukimia.

Penyakit ini memiliki gejala nyeri pada tulang dan sendi, pucat, demam atau pendarahan yang tidak jelas sebabnya dan pembengkakan pada perut.

Sementara jenis leukimia limfostitik akut dan leukimia myelogenous akut paling banyak menyerang anak.

Leukimia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar.   Beberapa alternatif pengobatan dengan kemoterapi.

Terdapat pula penyembuhan baru akhir-akhir ini menggunakan ‘gunting molekuler’ untuk mengubah gen dan menciptakan sel kekebalan tubuh yang dirancang untuk membunuh leukemia yang kebal melawan obat.

Kanker Otak

solusipengobatanherbal.com
solusipengobatanherbal.com

Sekitar 21 persen dari jumlah kanker seluruhnya berasal dari kanker otak. Kanker otak ini memang menyerang anak dengan melibatkan batang otak atau otak kecil.

Struktur susunan saraf pusat akan dirusak oleh tumor ganas ini karena letaknya di dalam rongga tengkorak.

Waspadai gejala seperti sakit yang disertai mual dan muntah-muntah. Anak juga menurun kesarannya hingga berubah perilakunya. Penglihatannya juga mulai berkurang.

Sementara pada bayi, perhatikan ubun-ubun besar yang menonjol. Hal lain yang perlu diwaspadai jika anak terganggu bicaranya dan gangguan terhadap keseimbangan tubuh. Beberapa anggota gerak anak juga melemah dan mengalami kejang-kejang.

Nefroblastoma

www.cancer.gov
www.cancer.gov

Jenis kanker ini sebenarnya sering kali dialami orang dewasa. Namun, kanker yang menyerang ginjal ini juga sering menyerang anak yang berusia 3-4 tahun.

Neproblastoma atau tumor wilms masuk ke dalam kanker ginjal langka dan umum dialami anak. Biasanya, penyakit ini menyerang satu organ ginjal saja, tapi bisa jadi menyerang keduanya.

Gejala penyakit ini adalah, nyeri pada ginjal, demam, mual, dan nafsu makan yang menurun, perut bengkak hingga urine berdarah.

Tak ada salah memeriksakan anak guna mengetahui penyakit ini sejak dini. Kita dapat melakukan beberapa jenis pemeriksaan seperti tes darah dan urin, tes pencitraan berupa ultrasound, CT scan dan MRI scan.

Kanker Tulang

www.orcee.com
www.orcee.com

Kanker tulang atau osteosarkoma  dapat terjadi pada anak-anak hingga usia remaja. Kanker ini diawali dengan pembengkakan yang cepat disertai rasa nyeri pada tulang.

Kanker ini dapat menyerang semua bagian tulang, namun begitu lebih banyak ditemukan pada pinggul dan tungkai lengan. Terkadang, didahului oleh benturan keras seperti terjatuh.

Jenis kanker ini kanker metastatic merupakan jenis kanker tulang ini yang dimulai dari bagian tubuh tertentu kemudian menyebar ke tulang. Terdapat pula ewing sarcoma yang jarang terjadi namun ditandai dengan rasa nyeri di tulang. Adapun penderita biasanya remaja pria.

Jenis kanker lainnya yang menyerang anak kecil adalah kanker tulang. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak yang masuk usia remaja.

Kanker metastatic adalah salah satu jenis kanker tulang ini yang dimulai dari bagian tubuh tertentu kemudian menyebar ke tulang.

Untuk mengetahui apakah anak menderita kanker tulang, selain menanyakan tentang gejala-gejala yang dirasakan, beberapa tes bisa dilakukan seperti tes darah, biopsi (sampel tulang), sinar-x, pemindaian tulang, MRI scan, dan CT scan.

Beberapa pengobatan tergantung pada tingkat keparahan kankerah biasanya dilakukan melalui operasi yang dikombinasikan dengan pengobatan lainnya, seperti kemoterapi dan radioterapi.

Neuroblastoma

www.cancer.gov
www.cancer.gov

Jenis kanker yang juga sering menyerang sel-sel saraf anak. Bahkan kanker ini dapat didiagnosis sejak dalam janin.

Neuroblastoma bisa terjadi di sekitar rongga dada, mata dan di daerah leher. Jika menyerang daerah mata maka menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil melebar.

Jika menyerang tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat.

Tumor di daerah perut akan teraba bisa sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya pincang mendadak.

Limfoma (getah bening)

www.ummi-online.com
www.ummi-online.com

Penyakit limfoma atau kanker kelenjar getah bening ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan saluran jaringan limfoid. Sel kanker menggerogoti sel-sel sehat dari sistem imunitas anak.

Kanker ini diawali dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak dan atau selangkangan serta usus tanpa disertai rasa nyeri.

Meski demikian, jika timbul di kelenjar getah bening dalam usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejala sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar dan demam. Bila tumbuh di daerah dada maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas. Menyebabkan sesak nafas dan muka membiru.

Sarkoma

www.northcountrypublicradio.org
www.northcountrypublicradio.org

Waspadai tumor ganas yang satu ini. Pasalnya, ia adalah tumor yang menempel secara bersamaan. Tumor ini menyerang di bagian ginjal, otak, hati dan juga tulang.

Juga menyerang kandung kemih, prostat (kelenjar kelamin pria) dan vagina. Gejala yang ditimbulkan bergantung pada letak kanker.

Pada tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan nafas, radang sinus (rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan) atau sulit menelan.

Pada rongga mata menyebabkan mata menonjol keluar. Di telinga menyebabkan nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Sementara di saluran kandung kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *