Kanker memang penyakit tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Dari pertumbuhan yang kadang tak kasat mata, namun bisa berujung sampai hilangnya nyawa.

Sayang sekali, kurangnya sosialisasi tentang penyakit ganas ini membuat mereka para penderita yang harusnya dapat terselamatkan, terenggut kehidupannya. Aih, apa mungkin takdirnya memang seperti itu ya?

Kanker sendiri terjadi apabila sel-sel abnormal membelah diri secara tidak terkendali. Nah, sel-sel abnormal ini dapat menyerang jaringan di dekatnya atau berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik.

Ngeri bukaan? Kanker itu bermacam-macam lhoh yaa, seperti kanker otak, kanker tulang, kanker payudara, kanker kulit, dan lain sebagainya. Nah di sini kita akan mengulas sedikit banyak tentang kanker darah.

1Apa Itu Kanker Darah?

youtube.com

Apa sih sebenarnya kanker darah itu?

Kanker darah atau yang biasa disebut leukemia ini, dalam istilah medisnya adalah penyakit kanker yang menyerang darah atau sumsum tulang.

Yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit   (sel darah putih).

2Penyebab Kanker Darah

deherba.com

Untuk penyebab dasar kanker darah memang masih belum diketahui secara pasti. Tetapi ada sejumlah faktor yang dicurigai dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker darah ini. Apa saja? Check it out!

Faktor keturunan. Hati-hati jika memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker darah, risiko untuk terkena kanker yang sama akan meningkat.

Kelainan genetik, misalnya sindrom Down, pernah menjalani pengobatan kanker, kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah. Pengaruh kelainan darah yang diderita, misalnya myelodysplastic syndrome.

Paparan bahan kimia dan radiasi tingkat tinggi, seperti benzene, sinar X, dan radioaktif.
Infeksi virus tertentu, yaitu Human T-cell leukemia virus yang dapat menyebabkan leukemia.

Merokok. Rokok tidak hanya akan meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

3Gejala-Gejala Kanker Darah

ahlinyakanker.com

Lalu, apa saja gejala dari kanker darah ini? Kenali gejalanya karena jika iya (semoga tidak), akan lebih terdeteksinya. Ya bukan?

Kondisi tubuh yang lemas dan kelelahan namun berkelanjutan dan jangka panjang, keringat berlebihan terutama pada malam hari, sering demam, menggigil, penurunan berat badan, sering mimisan, nyeri pada tulang dan sendi, sering muntah, dan masih banyak yang lain lagi.

Memang, gejala-gejala tersebut bukan hanya gejala yang muncul karena kanker darah. Penyakit lain juga mungkin dapat memunculkan gejala seperti itu.

Tapi, untuk lebih amannya, alangkah lebih baik jika ketika ada gejala tersebut kita lebih waspada dan mulai berkonsultasi pada dokter atau tenaga medis lainnya.

4Jenis-Jenis Kanker Darah

berbagaipenyakit-1.blogspot.com

Yuhu, setelah kita tahu apa penyebab dan gejalanya. Kita lanjut ke jenis-jenis dari kanker darah itu. Ini jenis kanker darah secara umum.

Leukemia akut. Leukemia ini ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila tidak diobati segera, maka penderita dapat meninggal dalam hitungan minggu, lebih parahnya bisa hitungan hari lhoh.

Perawatan cepat dibutuhkan pada leukemia akut karena perkembangan yang cepat dan akumulasi sel-sel ganas, yang kemudian meluap ke dalam aliran darah dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Leukemia akut ini umumnya menyerang anak-anak.

Leukemia kronis. Leukemia ini memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun bahkan ada yang mencapai 5 tahun.

Leukemia kronis terutama terjadi pada orang tua, tetapi secara teoritis dapat terjadi pada setiap kelompok usia.

5Jenis Leukimia yang Lebih Spesifik

obatsakit2011.blogspot.com

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL). ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi juga mungkin menyerang dewasa.

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML). Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja.

Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL). Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML). CML ini umumnya diderita oleh dewasa. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan.

Lalu saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga kondisi pasien akan menurun secara drastis.

Cukup jelas bukan penjelasannya? Kenali dulu, baru dicegah! Bagaimana caranya? Untuk yang belum terlanjur, berpola hidup sehat mulai sekarang.

Kurangi konsumsi fast food, tolak makanan yang berlemak jenuh tinggi, perbanyak makan sayur dan buah-buahan segar, satu lagi, olahraga jangan lupa!! Semangaat!

SHARE