Kanker kulit adalah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih.

Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko sebab mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam.

Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global, sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit agar dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit mematikan ini, atau bahkan untuk melakukan pengobatan dini.

1Tipe Penyakit Kanker Kulit

caramemakaijilbab.blogspot.com

Kanker kulit ini dibagi menjadi 5 tipe, apa saja tipe tersebut, simak dibawah ini :

Pertama, Actinis Keratosis. Ia merupakan salah satu area kecil berwarna merah jambu atau pink yang terletak di bagian kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung. Ini adalah tahap paling awal yang sering muncul dari kanker kulit

Kedua, Basal Cell Carcinoma. Jenis kanker yang berasal dari lapisan epidermis paling bawah. Gejalanya timbul benjolan yang sangat sulit untuk disembuhkan, benjolan tersebut berwarna agak mengilat dan bagian tepinya berwarna agak kemerahan.

Ketiga, Squamous Cell Carcinoma. Jenis terakhir ini banyak diderita pada usia 50 tahun ke atas, yang berasal dari lapisan tengah epidermis.

Gejalanya berawal dari daerah kemerahan bersisik dengan permukaan berkeropeng yang sulit sembuh. Lalu, tumbuh benjolan yang kadang permukaannya menyerupai kutil hingga ahirnya kanker.

Keempat, Melanoma. Jenis ini paling mematikan dan dapat menyebar dengan cepat di seluruh tubuh. Ditandai denga munculnya titik-titik baru seperti tahi lalat atau titik lama yang mengalami perubahan bentuk, ukuran dan warna.

Kelima, Kaposi’s Sarcoma. Walaupun tidak digolongkan ke dalam jenis kanker kulit, Kaposi’s Sarcoma merupakan salah satu jenis kanker yang melibatkan luka dikulit berwarna merah kecoklatan sampai biru dan biasa ditemukan di kaki.

2Kenali Ciri-cirinya!

duniainformasikesehatan.com

Pertama adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar. Inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki risiko kematian paling sedikit, sebab ciri-cirinya bisa dikenali dengan mudah, sehingga pertolongan medis pun bisa dilakukan lebih cepat.

Selain itu, kulit juga merupakan organ yang letaknya paling jauh dari organ vital utama manusia, sehingga kemungkinan penyebarannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya.

3Jenis Benjolan

telam.com

Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda. Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.

Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya. Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.

Bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama tahu.

Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan bentuk, warna, atau bahkan ukuran.

Amati juga jika ada benjolan yang terasa gatal atau bahkan sakit jika disentuh. Bila terdapat luka kecil pada kulit yang terus mengeluarkan darah sehingga cenderung tidak sembuh, hal ini bisa jadi adalah gejala kanker kulit.

4Khasiat Kulit Manggis

purwatiwidiastuti.wordpress.com

Kulit Manggis mengandung senyawa xantone yang sangat berkhasiat untuk mengatasi kanker kulit, dimana senyawa tersebut mampu bertindak sebagai anti kanker.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Mahidol University, Thailand. Moongkarndi, peneliti dari Fakultas Farmasi, Universitas Mahidol dengan pengujian pra-klinis penelitian. Hasilnya sangat positif.

Dari hasil studi ini menyimpulkan bahwa kulit manggis memiliki sifat antiproliferasi yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dan lebih hebatnya lagi, xanthone juga memiliki kemampuan apoptosis yang mampu melakukan penghancuran sel kanker dengan proses merangsang sel kanker bunuh diri.

5Daun Sirsak

manfaatdaun.com

Daun Sirsak diuji secara laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil test menunjukkan khasiat daun sirsak secara efektif memilih target dalam membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda-beda termasuk kanker kulit.

Studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam graviola.

Unsur kimia tersebut mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker dengan mekanisme kerja 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo.

Daun sirsak juga meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan. Tidak seperti kemoterapi, daun sirsak dengan secara selektif hanya memburu dan membunuh sel kanker dan tidak membahayakan atau membunuh sel yang masih sehat.

SHARE