Kanker paru adalah jenis tumor ganas yang berasal dari mukosa atau kelenjar pada bronkus. Tingkat kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini menempati urutan pertama di dunia.

Berdasarkan data statistik yang ada, di antara seluruh jenis kanker yang menyerang kaum pria, kanker paru menempati urutan pertama, tetapi pertumbuhannya pada kaum wanita saat ini semakin meningkat.

Kanker paru stadium awal biasanya ditandai dengan penyakit pada pernafasan. Jika sudah muncul gejala klinis, biasanya penyakit sudah memasuki tahap lanjut.

Oleh karena itu, gejala awal kanker paru perlu diwaspadai. Semakin cepat terdeteksi dan diobati, hasil pengobatan juga akan semakin efektif.

1Batuk

obatnenek.com

Gejala kanker paru-paru awal yang paling sering ditemui, sekitar2/3 pasien mengalami gejala ini. Seperti halnya batuk kering atau batuk yang parah, batuk dengan frekuensi yang tinggi di waktu malam.

Penampakan awal batuk pada kanker paru biasanya merupakan batuk kering yang tidak disertai atau disertai sedikit dahak, batuk akan semakin parah ketika tumor mulai menghimpit bronkus, kebanyakan berupa batuk yang tak kunjung sembuh, disertai suara mendengking atau batuk iritasi.

Gejala batuk mudah disalahartikan sebagai gejala flu. Tetapi jika batuk yang kamu alami tidak kunjung sembuh, waspadalah, segeralah melakukan pemeriksaan dan ikuti saran dari dokter

Kanker paru-paru yang sudah lama berada di jaringan paru-paru, biasanya menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan batuk.

2Dahak Disertai Darah

infosehatkeluarga.com

Karena penampakan tumor pada pembuluh darah bermacam-macam, dapat menyebabkan tenggorokan menjadi terluka bahkan pecahnya pembuluh darah, sehingga menimbulkan gejala dahak berdarah.

Dahak disertai darah biasanya muncul pada tahap stadium awal dan lanjut, darah berwarna merah segar atau disertai dengan buih-buih, gejala ini biasa muncul sesekali atau tidak terus menerus. Situasi seperti ini banyak ditemui pada kanker paru stadium menengah ke atas.

3Suara Serak

docdoc.com

Suara serak merupakan gejala awal yang khas dari kanker paru, alasannya adalah karena tumor telah menyerang atau menekan sebagian besar saraf pita suara, gejala ini sering ditemukan, perkembangannya cepat, pada beberapa pasien bahkan dapat kehilangan suaranya.

Selain itu, sebagian besar pasien juga merasakan nyeri pada bagian dada, beristirahat atau melakukan anti-inflamasi selama lebih dari 2 minggu pun belum tentu efektif. Jadi, jika mengalami gejala suara serak seperti di atas, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

4Hemoptisis

prezi.com

Ini adalah salah satu gejala awal kanker paru-paru yang diderita oleh laki-laki, pada pria yang merokok gejala ini terlihat jelas, sebagian besar gejalanya adalah dahak berdarah atau batuk berdarah, ada juga pasien yang bagian paru-paru terlihat berubah.

Peradangan yang disebabkan oleh tumor nekrosis, kerusakan kapiler dapat mengakibatkan sedikit pendarahan, yang sering bercampur dengan dahak, berselang atau terputus-putus. Banyak penderita kanker paru-paru yang disebabkan oleh hemoptisis

5Nyeri dan Sesak di Dada

sinshejerryi.blogspot.com

Sekitar 30% penderita kanker paru-paru mengalami nyeri di dada, jika tumor berada di dekat selaput paru-paru, akan terasa nyeri yang sangat parah, nyeri pada pernafasan, batuk meningkat.

Jika pembengkakan pada selaput paru-paru membesar akan mengakibatkan sakit yang berkelanjutan. Tempatnya tidak pasti, dan bernafas pun agak sesak. Jika sakit berlanjut maka kemungkinan kanker ada di selaput paru-paru.

6Demam

solusisehatku.com

Panas yang rendah juga merupakan salah satu gejala awal kanker paru-paru. Demam pada kanker paru-paru disebabkan oleh ukuran tumor yang besar yang menyumbat bronkial.

Saluran yang buruk yang disebabkan oleh kanker yang menyebabkan peradangan, pemberian antibiotik yang buruk, dan berulang, suhu umumnya di bawah 38 derajat celcius.

Seringkali setelah tumor menghambat lobus obstruktif bronkial, dengan berbagai tingkat, satu-satunya cara gejala awal yaitu demam, yang lebih parah yaitu demam yang tinggi, mungkin setelah pengobatan akan membaik, tapi tidak lama kemudian akan kambuh lagi.

7Pernafasan Berbunyi

gejalapenyebabsakit.blogspot.com

Biasanya dapat timbul gejala pernafasan berbunyi secara sepihak, gejala ini akan semakin nyata pada saar pasien menarik nafas, di mana setelah batuk, fenomena ini tidak kunjung hilang. Tetapi gejala ini umumnya hanya terjadi sesaat, sehingga mudah diabaikan.

8Pucat

70srichard.wordpress.com

Penampakan luar pasien kanker paru umumnya pucat dan tidak cerah. Pada pipi biasanya dapat timbul gejala kemerahan atau keunguan pada pasien, merah merona seperti menggunakan make up, pola cakar kepiting, gelap, kulit bercorak dan lain-lain.

Fenomena pada kedua pipi ini yang biasanya terlihat lebih nyata, gejala-gejala ini juga bisa bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya penyakit.

Gejala awal kanker paru mungkin tidak begitu terlihat nyata dan mudah disalah artikan sebagai flu atau penyakit biasa lainnya.

Melakukan pengobatan yang salah berulang-ulang sama saja dengan menunda waktu pengobatan terbaik.

Maka, ahli onkologi Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau; jika mengalami batuk, demam atau pneumonia berulang kali, waspadalah! Segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit besar, untuk menghindari serangan kanker paru.

SHARE