Kamu sedang ada deadline tugas mendadak yang butuh waktu ekstra untuk segera diselesaikan? Atau kamu sedang menghadiri suatu rapat atau acara yang membutuhkan konsentrasi? Atau juga mungkin saat kamu sedang belajar di kelas?

Hmm, bagaimana jika dalam kondisi tersebut mendadak ras akantuk tak tertahankanmu datang menyerang? Wah, pastinya sungguh menyiksa ya?

Nah, jangan sampai kamu menjadi kehilangan konsentrasi karena rasa kantuk tersebut, memang satu-satunya obat mengantuk adalah tidur, namun apakah kamu akan tidur jika berada pada kondisi demikian? Tentu tidak pastinya.

Untuk itu kamu perlu mencoba beberapa tips anti mengantuk di saat tidak tepat berikut ini:

Jangan Makan Terlalu Banyak

ummi-online com
ummi-online.com

Terlalu banyak makan, dengan bermacam-macam jenis zat makanan yang masuk bisa merangsang rasa kantuk yang hebat dan tak tertahankan, tak peduli jam berapapun itu.

Apalagi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karbohidrat atau gula, hal tersebut justru akan cepat merangsang proses kantuk seseorang.

Selain itu terlalu banyak makan juga tidak baik untuk kesehatan organ pencernaan, dan juga bisa membuat aktivitas dan konsentrasi menjadi terganggu dan menurun kualitasnya.

Jangan Terlalu Sering Begadang

sehatsekali com
sehatsekali.com

Banyak begadang ternyata bisa membuat kondisi tubuh semakin berkurang konsentrasi dan stamina dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sama hal nya juga dengan tidur terlalu larut malam, tak baik juga untuk efek kerja bagi organ-organ di dalam tubuh seseorang.

Sehingga, walaupun banyak tugas yang harus dikerjakan, sebisa mungkin atur waktu jangan sampai mengganggu waktu istirahatmu di malam hari hingga banyak tersita.

Karena bisa merangsang rasa kantuk di pagi dan siang hari saat menjalani aktivitas yang lebih penting.

Jangan Terlalu Banyak Tidur

sehat-secara-alami blogspot com
sehat-secara-alami.blogspot.com

Jika terlalu banyak begadang atau kurang tidur bisa memicu penurunan daya konsentrasi otak sekaligus stamina tubuh, maka hal yang sama juga akan terjadi jika kamu terlalu banyak tidur.

Badan yang kurang gerak, dan terlalu lama dibaringkan akan menjadi kaku dan memicu rasa malas berupa kantuk dan berkurangnya stamina pada tubuh.

Jangan Malas Mandi

indolifestule co id
indolifestule.co.id

Tubuh idealnya dalam kondisi bersih minimal dua kali sehari terkena air pada saat mandi. Selain bisa membersihkan tubuh dari kotoran, menghindarkan diri dari penyakit, juga bisa merangsang semangat kembali dalam beraktivitas.

Selain mandi, cuci muka atau berwudhu juga akan kembali meningkatkan semangat dan konsentrasi, sehingga rasa kantuk akan segera menjauh darimu.

Nah, dengan 4 tips tersebut, jika kamu benar-benar bisa menerapkannya dengan maksimal maka rasa kantuk sebisa mungkin tak akan datang di saat-saat pentingmu. Coba saja!

SHARE