Kapal Tongkang. Mendengar namanya mungkin masih asing di telinga kita.

Bagi sebagian masyarakat mungkin ada yang belum mengetahui atau bahkan melihat lasngung apa itu kapal tongkang.

Kapal tongkang atau yang biasa juga dikenal dengan Pontoon merupakan jenis kapal dengan lambung datar atau kotak besar yang mengapung.

Ia digunakan untuk mengangkut barang atau lebih mudahnya seperti dermaga apung. Pada tahun 1960-an sampai 1980-an kapal jenis ini digunakan di jalur lintas Sumatera, Kalimnatan, Sulawesi, dan Papua.

Karena pada saat itu belum ada jembatan besar. Namun, sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan jembatan.

Kapal ini dibuat untuk transportasi sungai dan kanal dengan membawa muatan dalam jumlah besar seperti batubara, kayu, pasir, dan lain-lain.

Kapal tongkang tidak memiliki mesin (propelled) sehingga ia harus ditarik oleh kapal tunda. Ya, karena dalam pembuatannya, kapal tongkang berbeda dengan kapal pada umumnya.

Ia hanya kontruksinya saja tanpa sistem kapal pada umumnya.

Kapal tunda merupakan kapal yang dapat digunakan untuk melakukan peregrakan terutama menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan.

Nah, maka dari itu kapal tunda sering digunakan untuk menarik kapal tongkang.

Di Indonesia sendiri, kapal tongkang banyak diproduksi di daerah Batam yang merupakan salah satu tempat produksi perkapalan di Indonesia.

Kemudian apa fungsi lain dari kapal tongkang? Kapal tongkang berfungsi mengangkut hasil tambang. Biasanya bahan-bahan hasil tambang seperti batubara, biji besi, nikel, pasir, dan lain-lain.

Sewa kapal tongkang cukup mahal sekitar 800 jutaan per bulan. Selain digunakan untuk mengangkut hasil tambang, kapal tongkang juga digunakan untuk mengangkut peti kemas.

Tidak hanya untuk mengankut barang, kapal tongkang dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi ketika menyebrang.

Dalam hal ini kapal tongkang berfungsi layaknya jembatan yang menyebrangkan tranportasi darat. Jadi, untuk menyebrangkan transportasi darat seperti mobil, truk, motor,atau lainnya dengan menggunakan kapal jenis ini.

Selain itu, kapal ini juga masih digunakan untuk keperluan wisata. Menarik bukan? Itulah beberapa hal tentang kapal tongkang.