uin-alauddin.ac.id

Mengenal Karakter Mahasiswa Berdasarkan Jenis Buku Bacaannya

Posted on

You are what you read. Pernah dengar pepatah itu? Ternyata benar loh! Apa yang kamu baca menentukan siapa dirimu. Saat membaca, kita sedang memasukkan informasi ke dalam memori kita.

Nah, memori ini yang akan kita panggil sewaktu-waktu saat kejadian apa saja. Misalnya, kalau kamu sering baca buku fantasi, maka imajinasimu terhadap sesuatu bisa sangat luas dan bahkan mungkin saja aneh-aneh.

Apalagi mahasiswa yang aktivitas terhadap buku lebih banyak dan intens. Kita juga bisa lihat tipe kepribadian mahasiswa berdasarkan jenis buku bacaannya.

Buku Sastra

idntimes.com
idntimes.com

Kata orang, sastra itu bisa melembutkan hati. Mahasiswa yang suka baca buku sastra, biasanya punya hati lembut, melankolik, mudah bersimpati terhadap orang lain.

Buku Sejarah

pusat.baznas.go.id
pusat.baznas.go.id

Mahasiswa yang suka baca buku-buku sejarah, bukan artinya dia kuno. Biasanya, orang yang suka baca buku sejarah adalah dia yang pintar bercerita dan lebih cepat dewasa.

Dia akan mudah belajar dari pengalaman di masa lalu untuk memperbaikinya di masa depan.

Buku Sains

sainsdanteknologiensiklopedia.wordpress.com
sainsdanteknologiensiklopedia.wordpress.com

Para mahasiswa biasanya menjadi pembaca buku sains adalah Einstein, Newton, Hawking, dan kawan-kawannya.

Pikiran mereka sistematis, terukur, suka menghitung dan suka mencoba-coba. Mereka suka meneliti perkara sampai ke ujung, menelisik sebab-sebab dan akibatnya.

Maklum, bagi mereka dunia ini serba bisa terhitung, serba bisa diamati, dan bisa diprediksi. Tapi sayangnya, mereka sering kurang peka.

Buku Teks Kuliah

news.okezone.com
news.okezone.com

Kalau yang satu ini, karakter mahasiswa garis lurus dan taat pada dosen dan semua aturan perkuliahan. Dosen-dosen pun menyanyangi mereka. Kuliah pun tidak pernah absen.

Tapi seringnya mereka kaku, apalagi kalau soal nilai. Misalnya dapat nilai B, mereka akan langsung mencari-cari sebabnya, bisa tidak makan dan minum karena down.

Keuntungannya kamu punya teman yang suka baca buku teks itu, kamu tidak perlu takut ketinggalan materi kuliah. Kalau UTS atau UAS tiba, kamu bisa belajar bersama mereka.

Buku Motivasi

getscoop.com
getscoop.com

Satu kata: optimis. Bertemu mahasiswa yang hobi membaca buku motivasi akan membuat yang berada di sekitarnya menjadi ikut bersemangat.

Nggak Suka Baca

berbagidanjadikaya.blogspot.com
berbagidanjadikaya.blogspot.com

Nah, ini tipe yang cukup sulit. Bukannya tidak suka baca, tapi mahasiswa tipe ini suka lebih sering membaca status facebook, twitter, dan update-an media sosial lainnya.

Jadi, tipe yang manakah kamu?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *