Dalam hidup bersosial tentu ada yang menjadi pemimpin dan ada yang menjadi yang dipimpin. Tetapi, setiap individu manusia sebenarnya adalah pemimpin. Minimal kamu adalah pemimpin dirimu sendiri.

Tentu ada beberapa karakter yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena memimpin adalah tugas dan amanah yang sangat besar. Apalagi jika jabatan pimpinan tersebut berkaitan dengan pemerintahan.

Wah, tentu kamu harus berhati-hati dalam menilai. Mana orang yang berkarakter pemimpin sehingga patut dijadikan pimpinan dan mana yang belum memiliki karakter-karakter seorang pemimpin.

Berikut adalah beberapa ulasan terkait dengan karakter seorang pemimpin.

1Mampu Menentukan Skala Prioritas

www.anugerahdino.com

Seorang pemimpin hendaknya mampu menentukan skala prioritas. Dengan skala prioritas, anggota timnya mampu bekerja secara optimal dan mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Pimpinan yang baik mengetahui kapan waktunya lembur dan kapan waktunya pulang pagi.

2Jujur

majalahembun.com

Jujur adalah ketika kata dan pikiran sesuai dengan apa yang di ungkapkan, jujur adalah hukum yang sesuai dengan kenyataan atau  lawan kata dari bohong, jujur adalah kesesuaiaan antara lahir dan batin, ketika keadaan seseorang sedang didustakan dengan tindakan-tindakannya.

3Adil

www.satujam.com

Tentu kamu mengharapkan seorang pemimpin yang adil. Adil adalah menenmpatkan segala sesuatu sesuai dengan porsinya. Tidak hanya seimbang, melainkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Adil juga berarti mampu menempatkan diri, tidak berpihak terhadap siapapun dan mampu menyelesaikan segala persoalan dengan bijak.

4Berintegritas

kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com

Integritas adalah adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan definisi lain dari integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip.

Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang. Lawan dari integritas adalah hipocrisy (hipokrit atau munafik).

Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya Mudahnya, ciri seorang yang berintegritas ditandai oleh satunya kata dan perbuatan bukan seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang.

5Cerdas

satubanten.com

Orang pintar belum tentu cerdas, sebaliknya orang cerdas tidak selalu pintar. Pintar berkaitan dengan kemampuan otak dalam berfikir menganalisis masalah dan menyelesaikannya, sedangkan cerdas tidak hanya kemampuan berfikir, tetapi juga dipadukan dengan hati nurani dan spiritual.

Jika kepintaran diukur dengan IQ semata, maka kecerdasan tidak hanya IQ tapi EQ dan juga ESQ.

Nah, mungkin masih banyak lagi kriteria dan karakter pemimpin yang belum tercatut diatas. Tetapi yang perlu kamu ketahui adalah, pilihlah pemimpin yang benar-benar memiliki karakter dan layak menjadi pemimpin. Terutama pemimpin rumah tangga, hati-hati ya guys. Hehe.

SHARE