Senang sekali rasanya melihat anak-anak bermain dengan riang gembira dan lebih senangnya lagi, karena kita tahu bahwa mereka dalam kondisi sehat. Karena jika anak-anak bermain dengan lincah, maka ini menandakan bahwa mereka dalam keadaan sehat.

Tapi, ternyata masalah kesehatan ini banyak aspeknya juga ya! Tidak hanya tubuh saja yang dijadikan indikator kesehatan seorang anak, tapi juga kondisi organ-organ atau bagian lainnya semisal gigi.

Tidak hanya pada anak, pada orang dewasa pun gigi memiliki peran yang penting, karena gigi merupakan pintu gerbang pertama masuknya makanan ke dalam tubuh kita. Jika kondisi gigi tidak baik, maka secara tidak langsung dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

intisari-online.com
intisari-online.com

Salah satu fenomena kerusakan pada gigi anak adalah terjadinya karies gigi. Karies itu apa sih? Mungkin di antara kamu masih ada yang belum tau istilah ini.

Karies gigi itu menghitamnya lapisan gigi yang diikuti dengan pengeroposan dan hal ini banyak terjadi pada anak.

Apa dampaknya jika anak mengalami karies gigi? Kan gigi anak-anak masih gigi susu, jadi bisa copot dan berganti dengan yang baru? Nah, karies gigi ini berpengaruh terhadap pembentukan gigi nantinya dan bisa membuat gigi bertumpuk atau tumbuh miring.

Lalu, apa yang perlu dilakukan orang tua untuk mencegah karies pada anak ini? Kan kasian kalau gigi anak jadi rusak seperti itu. Nah, sebagai orang tua mungkin kita perlu mempertimbangkan cara-cara seperti di bawah ini!

1Rutin Membersihkan Gigi dan Area Mulut

ipohtaiping.blogspot.com

Sejak gigi anak mulai muncul saat mereka bayi, maka sebagai saat mandi, rutinkan untuk membersihkan gigi mereka dengan sikat yang lembut, karena bekas susu yang tertinggal di mulut sangat disukai oleh bakteri.

Selain gigi, bagian lidah bayi pun perlu kita bersihkan. Kita bisa menggunakan kain kasa yang dicelupkan dengan kain hangat. Jika anak sudah agak besar, maka kita pun bisa mengajarkannya untuk sikat gigi sendiri. Lakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan.

2Berikan Makanan yang Bergizi pada Anak

bunda-puspa.blogspot.com

Selain perlu membersihkan gigi anak secara rutin, kita pun perlu memberikan makanan yang bergizi dan kaya kalsium, sehingga gigi anak menjadi lebih kokoh. Selain itu, kita pun perlu memberi anak sayur dan buah.

Satu fakta yang perlu orang tua tau, bahwa sayur dan buah ini dapat merangsang produksi air liur di mulut. Dan air liur ini sangat berperan pada tingkat keasaman mulut, jika keasamannya optimal, maka gigi pun lebih terjaga kesehatannya.

3Jangan Berlebihan dengan Makanan Manis

banyumasnews.com

Anak-anak pasti akan sangat suka dengan makanan manis, seperti permen atau coklat. Tapi jika kita memberinya berlebihan maka makanan ini akan lengket di mulut dan akan mengundang bakteri pembusuk gigi.

Jadi, kita perlu mengingatkan anak untuk segera membersihkan gigi setelah makan makanan manis seperti itu. Selain itu, kita pun beritahu mereka apa akibatnya jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

4Mengubah Waktu Minum Susu

nuhababy.com

Anak-anak biasanya suka minum susu sebelum tidur, tapi jika kita membiarkan anak tertidur dengan sisa susu di mulut, maka ini bisa merusak giginya. Oleh karena itu, biasakan anak untuk minum air putih atau kumur-kumur sebelum tidur.

5Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter

mybaby.co.id

Jika semua langkah di atas sudah kita lakukan, maka alangkah lebih baik jika kita pun secara rutin memeriksakan gigi anak kita ke dokter. Pemeriksaan gigi ini bisa kita lakukan secara berkala 6 bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here