faldomaldini.com

Kata Faldo Maldini Soal Organisasi dan Persiapan Jadi Pemimpin Masa Depan

Posted on

Faldo Maldini adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Departemen Fisika Universitas Indonesia dengan kekhususan Instrumentasi Fisika.

Selain berkuliah juga aktif berorganisasi di kampus. Menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika tahun 2010, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI tahun 2011, dan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia 2012.

Namanya semakin mencuat ketika terdaftar sebagai bakal calon ketua ILUNI UI periode 2016-2019. Kenal lebih dekat yuk.

Prestasi Akademik

about.me
about.me

Faldo juga salah satu penerima dua beasiswa kepemimpinan yakni dari PPSDMS Nurul Fikri dan Goodwill International Scholarship.

Selain berorganisasi, Faldo juga aktif dalam dunia riset dan penelitian di beberapa Laboratorium di Departemen Fisika UI. Saat ini Faldo juga menyempatkan diri menjadi asisten di Laboratorium Elektronika Departemen Fisika UI.

Faldo telah beberapa kali melakukan riset yang dipublikasikan, mewakili UI dan Indonesia baik dalam dan luar negeri.

Pada tahun 2010, riset yang dilakukan bersama tim nya mendapatkan juara dalam beberapa perlombaan riset mewakili UI di level Nasional.

Pada tahun 2011, Faldo juga mencoba mengikuti kompetisi Mahasiswa Berprestasi dan mendapatkan juara 3 di FMIPA UI.

Prestasi Non Akademik

faldomaldini.wordpress.com
faldomaldini.wordpress.com

Faldo yang memiliki darah asli Minang ini sudah cukup sering menjadi pembicara di berbagai seminar, workshop, dan pelatihan baik di UI mupun luar UI.

Selain itu, Pria yang memiliki hobbi bermain futsal ini, juga menyukai dunia penulisan yang membuat beberapa kali tulisannya menghiasi media massa.

Faldo menyukai hal-hal yang inovatif dan kreatif. Dengan pembawaan yang cukup santai dan inklusif, berusaha memberi inspirasi pada sekitar.

Lebih menyukai memulai segala sesuatu dari nol dan sangat tertantang memperbaiki dari keadaan yang buruk/jelek menjadi jauh lebih baik/keren, dengan ciptakan perubahan. He is a passionate and open minded Boy

Karir Organisasi

1080.plus
1080.plus

Jika dikaitkan dengan perkuliahan, hubungan keduanya terkadang saling bertentangan. Mau tidak mau, harus ada hal yang harus dikorbankan.

Namun, terkadang keduanya pun bisa saling mendukung. Tapi menurut Faldo, saat yang tepat untuk berorganisasi adalah ketika kita telah selesai dengan diri kita sendiri.

Jika dengan diri sendiri saja belum selesai, pasti pada akhirnya kuliah kalian hancur , organisasi juga hancur. Jadi butuh keseriusan untuk memberikan prioritas di antara keduanya.

Tanggapan Faldo terhadap Fenomena Demo Mahasiswa

youtube.com
youtube.com

Kalau ditanyakan sikap, Faldo merespon positif dan sangat pro dengan gerakan massa, apalagi untuk orang-orang yang tidak punya kekuatan seperti mahasiswa atau masyarakat bawah.

Terkadang, demonstrasi sering dibenturkan dengan kekerasan, tidak sesuai dengan zaman, dst. Harus diketahui bersama bahwa demonstrasi akan selalu ada selama keran aspirasi masih mampet.

Namun jika jalur aspirasinya bisa dialirkan dengan baik, pasti akan dioptimalkan cara lain selain demo, seperti misalnya duduk bersama dan berdiskusi atau bermusyawarah.

Demo adalah jalan terakhir, tapi yang sering orang lihat hanya demonya saja. Orang lain tidak mau lihat proses perjuangan mahasiswa dalam menyalurkan aspirasi masyarakat.

Demonstrasi pasti identik dengan politik, apa hubunganya anak muda dengan politik?

Faldo menegaskan bahwa yang bisa membuat Indonesia berubah yaitu ketika pemimpinya memiliki kemauan politik yang baik.

Politik itu disalahmaknakan oleh anak muda. Secara definisi, politik adalah usaha seseorang untuk menegakkan kesejahteraan bersama.

Nah, sayangnya sekarang anak muda banyak berpandangan bahwa politik hanya bicara tentang partai politik.

Jadilah anak muda yang open mind, jangan alergi atau fanatik dengan yang namanya politik. Tetap gunakan cara-cara politik yang sewajarnya.

Bagi Faldo, anak muda harus berinteraksi dengan dunia politik. Jangan membatasi diri karena justru akan menjadi aneh.

Persiapan Jadi Pemimpin

faldomaldini.com
faldomaldini.com

Hal-hal yang harus dilakukan anak muda hari ini untuk mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin di masa yang akan datang yaitu dengan organisasi. Bergabung dengan organisasi.

Organisasi adalah salah satu wadah untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Di sini, para anggota akan belajar berpikir, dan bukan menjadi robot yang cuma bisa bilang ya.

Di organisasi juga menjadi tempat belajar untuk menyampaikan pendapat. Orang-orang diluar negeri bisa maju karena terbiasa menyampaikan pendapatnya.

Jangan lupa juga mempelajari sejarah orang-orang besar. Bagaimana mereka hidup, tumbuh, dan berkembang.

Rata-rata mereka selalu keluar dari zona nyaman. Faldo mengajak anak muda untuk belajar human centered design. Belajar apa yang masyarakat mau, supaya apa yang para pemuda lakukan tidak akan mental dari masyarakat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *