Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di seluruh dunia telah tiba. Hari raya Idul Fitri yang adalah waktu dimana tak hanya menjadi simbol kemenangan umat Muslim tapi juga sebagai simbol kebersamaan yang kokoh.

Pada hari raya yang biasa disebut Lebaran oleh umat Muslim Indonesia ini, banyak sanak saudara berkumpul, adanya suasana haru saat sungkeman kepada orangtua, mertua, atau sesepuh keluarga dan kampung.

Selain itu juga suasana Lebaran sangat hangat dengan budaya maaf-memaafkan yang sangat kental. Segala permusuhan, dendam, dan sakit hati seakan dilebur menjadi satu dalam kata maaf yang kokoh.

Namun bagi yang tak sempat bertatap muka, suasana saling memaafkan sekarang ini juga bisa dipertemukan dalam kecanggihan teknologi, lewat telepon, sms, media sosial, dan sebagainya.

Nah, ada satu hal menggelitik yang tentu sudah kamu hafal setiap menerima ucapan selamat Idul Fitri dari keluarga maupun rekan entah lewat sms, chat, atau kartu lebaran, yaitu kata-kata khasnya.

Apa saja kah itu?

Jika Tangan Tak Mampu Menjabat…

kartu-ucapan-lebaran
simomot.com

Pernah menerima ucapan selamat Idul Fitri dengan awalan kata “Jika tangan tak mampu menjabat…”? Jika iya, berarti memang benar bahwa kata-kata tersebut menjadi salah satu ‘idola’ bagi kata-kata ucapan selamat Idul Fitri.

Banyak kreasi kata-kata dewasa ini, namun nyatanya ucapan selamat Idul Fitri dengan awalan “Jika tangan tak mampu menjabat…”, masih juga menjadi primadona.

Anu dan Inu Sekeluarga

253834_3898617182711_870209776_n2
penulispro.com

Bagi yang sudah memiliki pasangan, tentu akan begitu bangga dengan menyandingkan nama dirinya bersama pasangan saat mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri. Biasanya ada tambahan kata sekeluarga di belakang nama mereka.

Misalnya, “Anu dan Inu Sekeluarga”. Hehehe. Dan bagi para jomblo yang panas biasanya membalasnya dengan “Anu yang Belum Berkeluarga.”. Ada-ada saja ya?

Sebelum Operator Seluler….

Kumpulan SMS Ucapan Lebaran Terbaru
semirotunda57.rssing.com

Banyak variasi dari awalan ucapan dengan kata-kata “Sebelum operator seluler…” tersebut. Ada yang melanjutkan dengan “…trouble, maka izinkan…”, ada juga yang menyambungnya dengan, “…meminta maaf, izinkan saya…”.

Nah, kamu biasanya memakai atau dapat ucapan yang model mana hayo? Hehehe.

Walaupun banyak kerativitas dari kata-kata indah yang bisa dirangkai saat memberikan ucapan Idul Fitri, satu hal yang perlu diingat dan diketahui umat Muslim adalah tentang do’a yang wajib dihaturkan saat memberikan ucapan.

Sehingga tak hanya sekedar ucapan namun yang lebih penting adalah do’a. yaitu: “Taqqabalallaahu minna wa minkum, siyyamana wa siyyamakum, taqqabal yaa kariim” atau ucapan berisi do’a kebaikan lainnya. Setuju?

SHARE