Katarak merupakan penyakit yang banyak menjangkiti para orang tua lanjut usia. Baik laki-laki maupun perempuan beresiko yang sama terkena penyakit katarak. Penyakit ini menyerang organ mata dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Umumnya mata yang sehat memiliki bagian lensa normal yang dapat menjadi jalan masuknya cahaya hingga ke bagian belakang mata. Namun kondisi ini tak dapat dirasakan oleh para penderita katarak.

Penderita katarak memiliki bagian lensa yang lebih buram. Hal ini mengakibatkan tidak semua cahaya luar berhasil masuk hingga ek bagian belakang mata. Akhirnya pandangan mata menjadi kabur dan akan semakin parah jika tidak diobati.

Berikut ini beberapa ciri mata yang terkena katarak untuk mengantisipasi resiko penyakit ini sejak dini.

1Pandangan Kabur

caramengobatitradisional.web.id

Ciri-ciri pertama yang sering muncul pada penderita penyakit katarak terbentuk dalam ukuran sangat kecil. Ditandai dengan pandangan mata menjadi sedikit kabur. Jika dibiarkan, lama kelamaan pandangan semakin kabur.

Terlihat awan pada mata dan gelap. Lensa mata akan mengalami perubahan warna. Bagi beberapa orang akan mengalami kesulitan untuk fokus dalam memandang suatu objek. Hal ini terjadi karena saat itu mata sudah tidak terhalang untuk dapat memfokuskan pandangannya pada suatu objek.

2Lapisan Kuning atau Coklat

penyakitmata.wordpress.com

Gejala berikutnya pada mata katarak yaitu munculnya lapisan berwarna lebih kuning atau coklat. Lapisan ini menyebabkan penderita tidak bisa melihat secara jelas pada kondisi redup atau gelap, khususnya ketika malam hari.

Pada waktu tertentu, mata juga tidak akan peka terhadap cahaya lampu. Orang yang telah mengidap katarak disarankan untuk mengurangi kegiatannya mengendarai kendaraan sendiri karena dikhawatirkan lebih rentan mengalami kecelakaan saat mengemudi, khususnya di malam hari.

3Mata Silau

rideralam.com

Biasanya mata yang telah terkena katarak tidak tahan dengan cahaya. Baik itu cahaya lampu maupun cahaya dari matahari. Pengidap katarak akan merasa sangat sakit jika mendapati cahaya secara langsung.

Pada kondisi seperti ini sebenarnya katarak belum terlalu parah dan diobati dengan beberapa metode. Meski demikian, beberapa metode tersebut hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah.

4Mata Melihat Cincin di Sumber Cahaya

id.up-wallpaper.com

Ketika mata telah melihat banyak bayangan cincin di sumber cahaya, artinya itu adalah pertanda mata yang telah kena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi.

Pantulan difraksi itulah yang memberi kesan bayangan menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita dengan ciri ini biasanya ditemukan pada beberapa orang yang mengalami penyakit lainnya seperti diabetes, glaukoma dan stres.