Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia sudah banyak yang mengenal kayu jenis ini. Namanya telah menjadi legenda sebagai kayu unggulan untuk diolah menjadi berbagai macam peruntukan. Kayu jati berasal dari pohon jati yang berukuran besar.

Pohon jati dapat tumbuh hingga ketinggian 30 – 40 meter. Daunnya lebar dan berguguran saat musim kemarau. Pohon ini dapat ditemukan pada area hutan hujan tropis bersuhu antara 27 – 37 derajat Celcius.

Pertumbuhannya lambat. Sehingga untuk dapat memanfaatkannya membutuhkan waktu cukup lama hingga dapat dipanen kayunya. Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang kualitasnya sangat baik. Memiliki daya tahan yang lama, mudah dibentuk dan memiliki bobot yang berat dan kokoh.

Karena sifatnya itulah, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kayu jati ini. beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1Kapal Laut

Sejak jaman nenek moyang kita dulu kayu jati sudah dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan perahu samudera. Karena sifatnya yang awet, mudah dibentuk, serta tidak mudah mengalami perubahan bentuk. Bahkan di masa penjajahan kolonial Belanda, kayu jati tetap menjadi primadona.

2Rumah

Hingga sekarang, masih banyak orang yang menggunakan kayu jati sebagai salah satu bahan pembuatan rumah. Mulai dari tiang pondasi, pintu, jendela, rangka utama atap hingga lantai pun juga ada yang berbahan kayu jati.

Bahkan rumah yang menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar pembuatannya memiliki nilai yang lebih tinggi daripada yang menggunakan semen dan bata sebagai bahan dasarnya.

3Mebel dan Furnitur

Tentu dengan sifat yang mudah dipotong dan diolah, menjadikan kayu jati disenangi dan banyak dicari para perajin mebel dan furnitur. Baik yang berukir maupun yang tidak. Beberapa perabot seperti meja, kursi, lemari, dan tempat tidur berbahan kayu jati juga memiliki harga tinggi di pasaran.

4Hiasan Rumah

Selain untuk perabot rumah, kayu jati juga banyak yang dimanfaatkan sebagai hiasan dalam rumah. Biasanya potongan-potongan kecil kayu jati dirangkai dan diukir menjadi suatu bentuk hiasan yang bernilai dengan warna alami yang khas serta tahan lama.

5Gazebo

Ada pula sebagian masyarakat yang memanfaatkan kayu jati menjadi bahan dasar pembuatan gazebo. Hal ini tidak lepas dari sifatnya yang kuat dan juga tahan air. Sehingga saat keluarga besar atau tamu berkumpul di gazebo, mereka tetap nyaman dalam kondisi cuaca apapun.