Berbicara tentang ibu memang tidak ada habisnya. Sosok malaikat tanpa sayap tersebut begitu istimewa di hati para anak-anaknya.

Kasih sayang yang ia berikan mampu membuat nyaman anak-anaknya. Naluri keibuan yang ia miliki dapat merubah segalanya bagi seorang anak.

Salah satu bentuk kasih sayang dan perhatian seorang ibu yakni dengan pelukannya. Pelukan seorang ibu tidak hanya diberikan kepada anak-anak ketika masih kecil, pelukan tersebut sebaiknya juga diberikan saat anak-anak dewasa.

Meskipun terlihat sederhana, pelukan seorang ibu jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan hadiah atau pujian.

Selain itu pelukan juga dapat memberikan rasa nyaman, aman, kehangatan, bahkan mampu menumbuhkan rasa empati yang tinggi dari sang anak.
Berikut beberapa alasan pentingnya pelukan seorang ibu bagi anaknya.

Menyehatkan Jiwa Raga

30 sehat jiwa raga
intisari-online.com

Jika seorang ibu memeluk anaknya, maka akan memberikan rasa aman,nyaman dan hangat bagi anak sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan stres.

Tidak hanya itu pelukan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penghargaan diri anak, anak pun terdorong untuk menjadi lebih baik.

Kebahagiaan yang dirasakan dalam hati anak membuat jiwa serta raganya lebih sehat. Anak akan senantiasa merasakan kedamaian hati.

Menguatkan Sistem Imun

30imun
www.kioopo.com

Ternyata secara ilmiah dapat dibuktikan bahwa sentuhan yang tepat mampu merangsang kelenjar tymus sehingga ia dapat merangsang sel darah putih yang berperan penting dalam pertahanan tubuh manusia.

Mengurangi Ketegangan Syaraf

30tenag
alarifsyah.blogspot.com

Ketika ibu memeluk anaknya yang mungkin keadaann emosi si anak kurang stabil, kita bisa lihat si anak akan perlahan diam dan tenang.

Ternyata pelukan tersebut mampu membuat anak merasakan ketenangan. Para ahli menemukan bahwa ketika melakukan pelukan maka produktivitas hormon endomorfin meningkat.

Peningkatan hormon tersebut memberikan efek ketenangan sebab dapat mengurangi ketegangan syaraf dan juga menormalkan tekanan darah.

Mempercepat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

30 kembang
info-lawas.blogspot.com

Tidak hanya dapat mengurangi ketegangan syaraf, pelukan ibu juga sangat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Seorang bayi yang sering dipeluk akan tumbuh dan berkembang lebih cepat daripada bayi yang jarang dipeluk.

Melly Puspita Sari, Psi., seorang Psikolog yang juga pengarang buku “The Miracle of Hug” mengatakan bahwa pelukan pada anak sebaiknya diberikan minimal delapan kali dalam sehari dari kedua orang tuanya.

Sebab hal tersebut dapat memberikan energi baru bagi anak sehingga ia dapat beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

Meningkatkan Kecerdasan

30 cerdas
sehatsegarbugar.com

Pelukan ibu dapat merangsang aliran darah ke otak maka dapat meningkatkan kecerdasan anak sehingga anak akan lebih mudah memahami sesuatu dengan cepat.

Itulah beberapa manfaat dari keajaiban pelukan seorang ibu, ternyata memberikan efek yang luar biasa bagi anak. Apakah bunda sudah memeluk si buah hati hari ini?