Bukan karena kamu anak seorang dokter, dosen, pejabat, maupun presiden lantas kamu terlahir sebagai anak yang pintar. Untuk menjadi pintar itu butuh proses yang tidak mudah dan sebentar.

Kamu perlu mengasah otakmu setiap hari supaya kecerdasan yang kamu miliki meningkat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kepintaran itu.

Berikut kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepintaranmu.

1Buatlah Gagasan Baru Tiap Harinya

trafficjammedia.co

Gagasan yang baru untuk pemikiran baru. Gagasan atau ide yang kamu buat setiap hari perlu kamu catat. Jadikan hal-hal kecil yang ada didekatmu sebagi ide-ide terbaik.

Bisa jadi ide atau gagasan yang kamu buat memberikan dampak yang baik untuk kehidupanmu di masa yang akan datang.

2Biasakan Diri untuk Membaca

bukubalitaku.wordpress.com

Membaca bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan di zaman yang sudah melek teknologi ini. Lebih banyak orang memilih untuk menonton televisi atau bermain handphone.

Walaupun sebenarnya lewat teknologi kamu juga dapat memperoleh informasi melalui portal-portal berita yang update 24 jam.

Namun, untuk menjadi seorang yang pintar, kamu harus mau untuk merubah diri kamu yang malas menjadi pribadi yang gemar membaca.

3Ciptakan Pandanganmu Sendiri

www.rhythmsystems.com

Ketika kamu berkumpul dengan teman-temanmu dan membicarakan sesuatu hal, pasti akan ada berbagai macam sudut pandang dalam menyikapi apa yang kalian bahas.

Untuk membuat otakmu bekerja, maka pikirkanlah hal yang menarik sesuai dengan pandanganmu sendiri, dengan begitu kamu akan melatih otakmu memikirkan hal yang baru.

4Mempelajari Bahasa Baru

gbtimes.com

Apabila kamu menguasai banyak bahasa dari negara-negara yang ada di dunia, pasti itu akan mempermudah kehidupan sosialmu. Seseorang yang mau untuk belajar bahasa baru akan membiasakan otaknya untuk mengingat.

Maka cobalah untuk mempelajari kosa kata baru dari bahasa yang ingin kamu kuasai. Agar otakmu terasah dengan baik.

5Membagi Ilmu yang Dimiliki

www.lancashiretelegraph.co.uk

Jangan simpan ilmu yang kamu punya hanya untuk dirimu sendiri. Bagikanlah pengetahuan itu supaya kamu bermanfaat untuk orang lain. Ketika ilmu yang kamu miliki hanya kamu sendiri yang tahu, maka ilmu itu tidak ada gunanya.

Ilmu yang kamu bagi tidak akan membuatmu rugi, karena ilmu yang kamu miliki justru akan terus kamu ingat sampai kapanpun jika kamu membaginya dengan orang lain.

6Berkumpul Bersama Orang Pintar

arun1st.wordpress.com

Jangan hanya nongkrong-nongkrong yang nggak jelas guys, kamu akan membuang waktumu secara percuma.

Gunakanlah waktu luangmu untuk mencari ilmu. Datangi mereka yang berilmu supaya kamu tertular dengan apa yang mereka miliki.

Tidak ada salahnya jika kamu banyak-banyak belajar. Bukan hanya dari buku saja, namun kamu bisa belajar dari siapapun bahkan apapun yang ada di sekitarmu.

Jadi, buat waktumu berguna dan bermanfaat dengan berkumpul bersama teman-teman untuk membicarakan hal-hal yang bukan sekedar omong kosong saja.

7Memainkan Permainan yang Mengasah Otak

sulsel.pojoksatu.id

Masih ingatkah kamu dengan teka teki silang atau biasa disingkat dengan TTS? Biasanya TTS ada di beberapa koran. Bahkan ada juga buku teka teki silang.

Teka-teki yang ada di dalam TTS itu harus kamu jawab, maka untuk memikirkan jawabannya kamu perlu mengingat pula. Dengan begitu kamu akan melatih otakmu.

Selain TTS ada juga sudoku, permainan yang satu ini akan membuat kamu berkutat dengan angka dan sangat melatih otak ketika kamu memainkannya.

Lakukanlah hal-hal tersebut supaya kamu mengasah kemampuan otakmu setiap hari. Otak juga perlu diberi nutrisi agar tetap dapat digunakan.

SHARE