Kemajuan yang sangat pesat pada teknologi gadget memungkinkan berbagai gadget saat ini dapat “melakukan apapun”. Perkembangan yang sangat cepat terutama terjadi pada gadget smartphone.

Lewat Android dan iOS, banyak lahir aplikasi smartphone yang dapat membantu keseharian kamu. Bahkan memudahkan menyelesaikan tugas-tugas yang rumit, dan tentunya tersedia ribuan games yang sangat menghibur.

Kali ini kamu akan diajak mengenal 7 aplikasi Android yang bisa membantumu agar konsisten dengan kebiasaan baik yang kamu niatkan setiap hari.

1iPro Habit Tracker Free

amazon.com

Lewat aplikasi ini kamu bisa mengatur target-target harianmu secara spesifik. Misalnya dengan mengatur waktu bangun tidur, banyaknya air putih yang kamu minum, olahraga, hingga menahan diri untuk tidak merokok.

Aplikasi ini menarik karena mempunyai tampilan yang sangat bervariasi, seperti persentase, diagram batang, diagram bulat, hingga kalender berwarna. Kamu juga bisa mengaturnya untuk membunyikan alarm pada waktu tertentu sesuai targetmu.

2Goal Tracker & Habit List

app.aries.id

Kamu mungkin membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Nah, Goal Tracker & Habit List ini jawabannya. Kebiasaan yang akan kamu pantau bisa di-input sesuai target yang ingin kamu capai.

Selain itu, tampilan kalender yang simpel juga akan memudahkanmu untuk mengamati pada hari-hari apa saja kamu berhasil atau gagal memenuhi target kebiasaan baikmu.

3Life RPG

habitica.com

Hidup adalah permainan. Sepertinya tagline itu yang ingin disampaikan secara tersirat oleh Life RPG. Aplikasi ini memungkinkan kamu menetapkan target pribadi. Kemudian yang menarik adalah kamu akan mendapatkan reward.

Reward yang dimaksud seperti di game-game RPG, misalnya kamu akan mendapat koin, batu permata, pedang, mahkota, shield, dan masih banyak lagi lainnya. Avatarmu akan sangat khas dengan tampilan game RPG yang klasik namun eksotik.

4Regularly

ghacks.net

Aplikasi ini adalah salah satu yang terhebat. Kamu bisa melakukan kategorisasi kebiasaan-kebiasaan mana yang kamu anggap paling penting. Dengan kata lain, kamu bisa memprioritaskan kegiatan yang akan kamu lakukan secara runtut.

Nah, tiap item bisa kamu tandai dengan warna-warna berbeda. Ini akan memudahkanmu secara visual untuk fokus pada hal-hal yang kamu prioritaskan. Selain itu, kamu bisa memberikan kata kunci  atau tags untuk memudahkan pembagian kategori.

5Eat Fit – Diet and Health Free

myappwish.net

Siapa yang suka ngemil makanan tanpa kontrol? Makan sepuasnya saat menghadiri resepsi pernikahan? Nah, itu kebiasaan buruk. Untuk sehat dan bagi pada pegiat diet, sekarang ada solusinya. Tepat di smartphone kamu.

Aplikasi ini menyajikan katalog makanan sehat untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Bahkan banyaknya kalori pada menu yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga terukur dengan jelas.

Kamu bisa mendapatkan laporan rutin mengenai diet harianmu dan seberapa besar kamu melakukan perubahan dalam upayamu menurunkan berat badan. Bagaimana? Berminat untuk mencoba?

6Stretch Exercises

Buat kamu yang kerja dengan intensitas duduk yang lama. Kamu bisa jaga kesehatanmu dengan aplikasi ini. Stretch Exercises menyajikan gambar yang jelas dengan panduan untuk melakukan stretching sederhana dalam posisi duduk

Beberapa gerakan juga mengharuskan kamu berdiri, tapi jangan khawatir karena kamu tetap bisa dekat dengan meja kerjamu. Tidak membutuhkan space yang luas kok kalau kamu mau sehat meskipun dengan banyaknya pekerjaan di atas meja.

7Nail Biting

nydailynews.com

Menggigit kuku adalah kebiasaan jelek yang dilakukan sangat banyak orang. Meskipun terlihat sepele, namun kebiasaan buruk tetap saja harus dihentikan. Nah, Nail Biting bisa jadi asistenmu menuju kehidupan tanpa menggigit kuku.

Aplikasi ini menyajikan grafik data secara rutin. Jadi kamu bisa memonitor bagaimana perkembangan “menahan diri”-mu pada hal menggigit kuku. Data bisa ditambilkan harian, jam, hingga bulanan.

Bagaimana? Kamu siap berhenti dari kebiasaan-kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan-kebiasaan baik? Ayo mulai.