Pernikahan adalah ikatan yang menyatukan dua kepribadian yang berbeda. Biasanya banyak diantara kebiasaan keduanya yang disukai satu sama lain, sehingga membuat kedua insan saling jatuh cinta.

Akan tetapi tidak jarang pula ada kebiasaan yang tidak disukai pasangannya, terutama kebiasaan suami yang kadang membuat sang istri jengkel. Biasanya dalam hubungan pra-nikah, si pria paling pintar menyembunyikan kebiasaan buruknya.

Kebiasaan-kebiasaan ini sebenarnya bukan kesalahan yang fatal dalam hubungan rumah tangga, namun jika terus-terusan terjadi dan tidak ada perubahan, biasanya akan berujung pada ketidakharmonisan dan pertengkaran.

Ada beberapa kebiasaan menjengkelkan dari suami yang sepertinya jamak dimiliki pria lain juga. Buat para suami dan calon suami, simak baik-baik 10 kebiasaan buruk yang paling sering membuat istrimu jengkel.

1Begadang dan Nongkrong di Luar Rumah

kangtri.my.id

Kebiasaan saat masih muda, yakni begadang dan nongkrong dengan teman atau tetangga di luar rumah. Sudah tentu itu akan membuat istri jengkel. Bukan tanpa sebab, seorang istri tentunya ingin merasakan keromantisan dan belaian dari sang suami.

Jika sang suami lebih sering begadang di luar rumah, sedangkan pada siang hari suami juga melakukan aktivitas pekerjaan di luar rumah, lalu kapan waktu buat sang istri?

Begadang di luar rumah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Maka dari itu seorang istri yang perhatian tentu tidak ingin orang yang dicintainya menjadi sakit.

2Tidur Terus-terusan

sehatitumudah.com

Ini biasanya efek dari kebiasaan begadang malam. Saat pagi sampai menjelang siang pun dibalasnya dengan tidur. Padahal suami kan tulang punggung keluarga yang harus mencari nafkah, tentu saja istri akan jengkel dengan sikap malas tersebut.

Apalagi jika tidurnya suami di saat istri sedang sibuk mengurusi keperluan rumah tangga dan mengasuh anak. Melihat suami yang tidur terus dan tidak membantu sama sekali, tentu akan membuat sang istri mengerutkan dahi.

3Pulang Terlambat Tanpa Kabar

ummi-online.com

Mungkin kamu suatu waktu kamu lembur kerja, atau ada janji kumpul bareng teman sepulang kerja. Entah kelupaan atau memang menganggapnya sepele, para suami sering tidak memberi kabar sebelumnya.

Seorang istri yang perhatian pasti akan cemas karenanya. Segeralah minta maaf kalau tidak mau istrimu ngambek nantinya.

4Nge-game Keseringan

theurbanmama.com

Seorang suami yang masih muda pasti masih membawa kebiasaan lamanya, nge-game. Setiap lelaki yang lahir di tahun 80 dan 90-an biasanya masa kecil dan masa mudanya sering dihabiskan dengan main game.

Sekali dua kali main game sekedar mengisi waktu luang sih gak masalah. Tapi kalau nge-game nggak inget waktu, apalagi saat sang istri sedang sibuk dengan pekerjaan rumah, istri mana yang jengkel karenanya?

5Serba Lupa

ummi-online.com

Hal yang sering membuat sering istri jengkel adalah di saat suami serba lupa dalam banyak hal. Misalnya, lupa nggak membeli dan membawakan keinginan istri, atau lupa nggak sempat mengantarkan barang titipan.

Contoh lain, lupa nggak ngejemput istri atau ngejemput anak di sekolah. Kalau sekali dua kali kejadian sih gak masalah, tapi kalau sudah berkali-kali pasti istri sebel banget dibuatnya.

Sang istri akan menganggap suami lupa karena memang tidak perhatian lagi padanya.

6Naruh barang di Sembarang Tempat

niatnulis.wordpress.com

Setiap hari istri membersihkan dan menata rumah agar keluarganya bisa nyaman. Tapi setiap hari juga si suami ‘mengacaukan’ rumah dengan menaruh barang-barang di sembarang tempat.

Sadarlah! Istri bukan robot yang otomatis dan tanpa protes membersihkan segala kekacauan yang kamu buat.

7Tidak Mengangkat Telpon dan Membalas Pesan

ummi-online.com

Sempatkanlah mengangkat telpon dan membalas pesan dari istri. Kalau nggak, istri akan cemas dengan keberadaanmu atau berpikir bahwa kamu tidak lagi perhatian padanya.

8Lupa dengan Hari Penting

rumahnikah.com

Rasa cinta dari suami sering diukur juga dengan perhatian dari suami terhadap hari istimewa sang istri. Contohnya, hari ulang tahun pernikahan, hari ulang tahun sang istri dan anak. Catat baik-baik di jadwal gadget mu, berikan hadiah terbaik kepadanya.