Setiap Negara selalu memiliki sebuah kebiasaan atau adat istiadat yang diturunkan dari leluhur-leluhur pada zaman dahulu kepada anak cucunya di masa kemudian, termasuk di masa sekarang.

Setiap kebiasaan atau adat istiadat itu memiliki nilai yang wajib dijunjung tinggi penduduknya dan bagi warga pendatang harus mempelajari serta siap untuk ikut menjunjung kebiasaan atau adat istiadat tersebut selama dia tinggal di sana.

Tak terkecuali di Negara yang terkenal dengan sebutan sebagai Negeri Sakura ini, yaitu Jepang. Tak hanya kedisiplinan warganya sudah menjadi acungan jempol dunia, sehingga mereka dijadikan contoh untuk masalah tersebut bagi penduduk dunia.

Dengan latar belakang nenek moyang samurai yang masih kental dalam diri mereka, mereka banyak menjunjung tinggi sebuah penghargaan bagi orang lain, sehingga mereka juga akan dihargai oleh orang lain.

Nah, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan unik penduduk Jepang yang telah turun temurun dilakukan di Negara tersebut, dan ternyata hal-hal yang menjadi kebiasaan itu menyimpan sebuah nilai penghargaan kepada orang lain lho!

Menikmati Masakan dan Melahapnya Habis

kiki widyasari sangat menghargai makanan
ystext.tumblr.com

Jika kita melihat orang Jepang makan selalu mengatakan “Itadakimasu” yang artinya adalah “selamat makan”, maka hal tersebut tak hanya sebuah ucapan semata, namun ras abersyukur mereka terhadap adanya makanan di depan mereka tersebut.

Selain itu sudah menjadi kebiasaan setiap makan mereka selalu memuji makanan itu dan menunjukkan ekspresi lahap tanpa sungkan, seperti mengatakan “Oishi..” yang artinya “enak sekali”, dan menghabiskannya tanpa sisa.

Konon dengan kebiasaan itu orang Jepang menunjukkan bahwa mereka sangat menghargai makanan dan orang yang telah memasak makanan tersebut.

Tidak Mau Menerima Tip

dokterjulian blogspot com
dokterjulian.blogspot.com

Jika di sebagian besar Negara dunia memberi tip atau upah adalah sebuah hal yang biasa dilakukan seseorang yang telah menerima jasa kepada pemberi jasa, maka itu tidak berlaku di Jepang.

Memberi tip atau upah di sana sama saja dengan merendahkan orang tersebut, sehingga banyak di antara para pemberi jasa yang akan sampai mengejar orangnya dan mengembalikan tip tersebut.

Daripada memberi tip mereka memilih mendapatkan penghargaan berupa ucapan terima kasih dan mereka akan membalas dengan ucapan terima kasih juga sambil membungkukkan badan. Manis ya?

Memilih Berjalan Kaki atau Naik Kendaraan Umum

padmanaba or id
padmanaba.or.id

Mengapa orang Jepang lebih memilih berjalan kaki atau naik kendaraan umum, atau bahkan sepeda? Selain karena orang Jepang suka berolahraga agar badan lebih sehat dengan bersepeda dan berjalan kaki, mereka juga menjaga kesehatan orang lain.

Dengan banyak pemakaian kendaraan bermotor maka nilai polusi udara di Negara tersebut akan tinggi dan hal tersebut akan meresahkan masyarakat tentunya.

Tidak Membuang Ingus Sembarangan

cara-sembuh blogspot com
cara-sembuh.blogspot.com

Mungkin di beberapa Negara apalagi yang masih menganut sistem kebebasan adalah hal biasa membuang ingus di tempat umum. Namun di Jepang hal tersebut sangat tidak sopan.

Sehingga bagi yang sedang flu dan terburu-buru membuang ingus akan segera mencari tempat sepi atau toilet agar tidak mengganggu kenyaman orang yang mendengar atau melihatnya.

Menjaga Kebersihan

kaskus co id
kaskus.co.id

Bagi yang pernah merasakan tinggal atau berkunjung di Jepang pasti akan terkagum-kagum dengan kebersihan di Negara tersebut. Ya tentu saja, karena warga Jepang sangat risih dengan keadaan kotor.

Selain membuat tidak nyaman mereka sendiri, mereka juga tak ingin mengganggu kenyamanan orang. Mereka sangat tertiba dalam membuang sampah pada tempatnya dan tidak sembarangan.

Nah, dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut, mau tak mau kita harus mengakui bahwa peradaban Jepang jauh lebih pesat berkembang dibanding Negara Asia lainnya.

Semoga kebiasaan yang baik bisa dicontoh dan yang buruk bisa ditinggalkan ya, terutama untuk kita warga di Indonesia ini. Hehehe.