Berbangga hatilah kamu menjadi warga negara Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alam dan juga kekayaan kulinernya. Dari sabang sampai merauke tak hanya pulau yang berjajar, wartegpun demikian.

Jika kita menyinggung masalah makan orang Indonesia, mungkin dimata asing akan terasa aneh dan menjijikkan. Tetapi siapa yang peduli sih sama perkataan orang, yang terpenting adalah menikmati hidangan dan makan sampai kenyang. Bener ngga gaes?

Nah inilah 5 kebiasaan orang Indonesia yang hanya dilakukan saat makan.

1Makan Sambal Pakai Nasi

gigisusu.net

Yap! Di indonesia mayoritas warganya adalah penikmat sambal. Sampai ada istilah makan sambal pakai bakso, makan sambal pakai nasi atau bahkan ada yang minum sambal pakai kopi? Xixixi.

Memang faktanya bahwa lidah orang Indonesia suka dengan yang pedas-pedas. Tapi kalau dikata-katain menggunakan kata-kata yang pedas sudah bisa dijamin bakalan marah.

Sambal memang salah satu faktor nikmat sebuah makanan. Ngga ada salahnya menikmati sambal, tapi kamu tetap harus tahu batasan ya. Jangan kebablasan, nanti bisa sakit perut loh.

2Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Apalagi Sumpit

rizkyyudhacml.blogspot.com

Alasan orang Indonesia lebih sering makan menggunakan tangan dari pada sumpit atau sendok adalah karena makanan wajibnya nasi. Bukan mie ataupun sup. Jadi wajar saja jika orang Indonesia lebih sering makan menggunakan tangan.

Memang sih pada dasarnya makan menggunakan tangan secara langsung agak kurang sopan jika dilakukan di acara-acara resmi. Tapi mau bagaimana lagi, inilah nikmatnya makan yang penting kenyang. Hehe.

Terus setelah makan ngga sungkan-sungkan mereka akan menjilati satu persatu jari tangannya yang tadi digunakan untuk makan. Ini adalah ritual wajib yang dilakukan tiap usai makan.

3Belum Bisa Disebut Makan Kalau Ngga Pakai Nasi

boombastis.com

Mungkin inilah kenapa banyak sawah di Indonesia. Karena masyarakatnya ngga bisa makan kalau ngga ada nasi. Pokoknya harus nasi. Misalnya kamu sarapan roti, kamu akan tetap mencari nasi setelah itu.

Orang Indonesia dan nasi itu memang ngga bisa dipisahkan deh.

4Ngga Perlu Makan Enak, yang Penting Murah

lembing.com

Setengah penduduk Indonesia memang tergolong menengah kebawah. Untuk itulah orang Indonesia kalau disuruh beli makanan yang mahal akan berfikir ulang. Menurut mereka lebih baik makan makanan yang murah asal masih halal dan terjamin kebersihannya.

Contohnya bisa kamu temukan di warteg-warteg terdekat. Biasanya akan ada pembeli yang membawa gelas berisi air panas, dengan santainya bilang “Bu boleh minta sedikit gula dan teh?”. Haha.

5Makan Mie Instan Ditambah dengan Nasi

www.rsudaws.com

Maunya apa coba? Mie itu karbohidrat, ditambah nasi lagi. Aduh.

Ya tapi mau bagaimana lagi. Namanya juga orang Indonesia, ada saja hal-hal unik yang dilakukan. Kalau ngga seperti ini berarti ngga Indonesia. Apalagi anak kost-kost an, dijamin pasti berpengalaman soal yang satu ini.

6Selfie Sebelum Makan

slsr.in

Hmm. Kalau yang satu ini sepertinya bukan hanya dilakukan oleh orang Indonesia. Tetapi mungkin hal ini juga bukan sesuatu yang asing lagi bagi kamu. Atau jangan-jangan kamu adalah pelaku utamanya? Hayo ngaku!

Biasanya orang ketika melihat makanan akan lupa dengan hal-hal lainnya. Tapi untuk yang satu ini jarang sekali orang melupakannya. Yap! Selfie dengan makanan yang sudah disajikan, tak lupa mengunggahnya ke instagram.

Inilah Indonesia dengan keberagamannya. Jangan pernah malu jadi warga Indonesia, karena kekayaan suku dan budaya kita ngga dimiliki oleh negara lain. Salam pemuda Indonesia!