Diet bukan hanya menjadi keharusan orang gendut, namun juga buat kamu yang mendambakan tubuh sehat dan terhindar dari bermacam-macam penyakit. Diet identik dengan menjaga kalori yang masuk seimbang dengan kalori yang keluar.

www.raticciaslum.byethost3.com
www.raticciaslum.byethost3.com

Namun demikian, tak sedikit yang mengalami kegagalan dalam diet. Padahal sudah berusaha mati-matian menjaga pola makan. Ada juga yang gagal karena tak kuat menahan godaan untuk mengunyah.

Kamu dapat mencoba kebiasaan-kebiasaan baik yang mungkin secara tidak sadar dapat membantu keberhasilan diet. Berikut ini ada 5 kebiasaan kecil yang berefek besar mendukung diet.

1Jangan Manja

www.elizabethjuliana.wordpress.com

Kemudahan fasilitas sering kali membuat kamu menjadi lebih manja. Sebagai contoh kamu lebih sering menggunakan lift dibandingkan menaiki dan menuruni tangga.

Kebiasaan manja biasanya membuat aktivitas fisik berkurang. Padahal aktivitas fisik merupakan cara untuk membakar lemak yang bercokol dalam tubuh kita menjadi tenaga dan keringat.

Mulai saat ini mulailah kebiasaan untuk tidak manja. Contoh yang lain berjalan kakilah untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari di warung tetangga. Kamu juga dapat sesekali mencuci baju dengan tangan tanpa bantuan mesin cuci.

2Makan Menggunakan Piring Kecil

www.bintang.com

Orang yang menjalankan diet biasanya mengurangi porsi kecil sampai hanya seperempatnya. Jika kamu tetap menggunakan piring besar seperti biasanya, maka makananmu akan terlihat sangat sedikit.

Akibatnya tak jarang kamu merasa kasihan pada diri sendiri dan menambah porsi makanan atau memakan roti dan makanan yang sebenarnya kalorinya justru lebih tinggi dibandingkan porsi yang seharusnya kamu konsumsi.

Jika berlangsung seperti ini terus, lalu bagaimana bisa dietmu berhasil?

Gantikan piring makanmu dengan piring kecil sehingga makananmu yang sebenarnya sedikit akan tetap terlihat banyak. Meskipun jika dipindah di piring besar sebenarnya sangat sedikit. Hal ini semacam menipu diri sendiri.

Sebuah penelitian dari University of Groningen menemukan 70% makanan yang penuh saat makan lebih disukai. Jadi mulailah membeli piring-piring kecil untuk diletakan di rak piringmu.

3Minumlah Air Putih Sebelum Makan

www.bintang.com

Berdasarkan penelitian dalam situs WebMD terungkap fakta bahwa meminum air putih sebelum makan dapat mengurangi porsi makan.

Minumlah 2 gelas air putih sebelum makan. Meminum air putih sebelum makan dapat memberi rasa kenyang sehingga porsi makan berkurang dengan sendirinya.

4Tidur Cukup

www.gigisusu.net

Pernahkah kamu merasa lapar di malam hari yang sudah sangat larut saat lembur mengerjakan tugas kuliah? Hal ini sesuatu yang wajar, karena tubuh yang lelah membuat kita cepat lapar.

Alhasil makanan yang masuk ke tubuh menjadi lebih banyak. Oleh karena itu aturlah siklus tidur yang cukup sehingga mengurangi hasrat untuk makan.

Seorang peneliti dari Columbia mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam akan mengalami kesulitan menurunkan berat badan.

5Gantikan Camilan Tinggi Lemak dengan Camilan Sehat

www.resepmasakanta.blogspot

Sebagian orang berpendapat bahwa memakan camilan akan mengurangi rasa lapar sehingga dapat mengurangi intensitas makan makanan berat.

Namun, pernahkah kamu sadari bahwa 3 potong gorengan memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan satu porsi makan siangmu? Begitu juga dengan dua kantong keripik singkong atau tiga potong roti manis.

Tak ada salahnya kamu tetap membiasakan mengemil. Namun gantikan dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan. Buah-buahan mengandung kadar air tinggi sehingga membuatmu cepat kenyang.

Selain itu buah juga mengandung banyak serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.

Kebiasaan-kebiasaan di atas selain mendukung program diet juga merupakan kebiasaan sehat. Jadi tak ada salahnya membiasakan juga buat kamu yang tidak dalam program diet.

SHARE