Kita tahu bahwa Indonesia memang sangat kaya. Dari segi Sumber Daya Aalm (SDA) maupun keberagaman Sumber Daya Manusia (SDM).

Indonesia memiliki keelokan dan keindahan alam yang memikat banyak orang, terutama para turis dari berbagai negara.

Selain itu, banyak suku yang menempati pulau-pulau di Indonesia. Tak heran jika keberagaman budaya dan adat istiadat yang dimiliki pun sangat menarik.

Memang tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia. Akan tetapi dibalik itu semua, terdapat beberapa hal unik tentang Indonesia yang dianggap aneh oleh para orang asing.

Hal-hal tersebut bisa berupa kebiasaan dan tradisi yang dilakukan oleh orang Indonesia. Penasaran? Berikut beberapa hal tentang orang Indonesia yang dianggap aneh oleh orang asing.

1Cara Merayakan Ulang Tahun

www.1mobile.co.id

Masih ingat saat kamu ulang tahun, hal ‘gila’ apa yang dilakukan oleh teman-teman terhadapmu? Pernahkah kamu dilempari telur ataupun tepung putih ditambah air ke badan dan bahkan rambutmu?

Kebanyakan saat ulang tahun, beberapa teman menyipakan kejutan spesial yang menarik.

Setelah memberikan kue ulang tahun dan meniup lilin, mereka langsung melempari  dengan telur, masih ditambah lagi dengan menaburi tepung atau bahkan melemparkanmu ke dalam kolam tepat jam 12 malam.

Dan mungkin banyak lagi hal aneh yang dilakukan oleh teman si ulang tahun untuk mengerjain ‘target’ ulang tahun.

2Sebagian Orang Indonesia Percaya Adanya Hantu

alhamimdwiputra.blogspot.com

Di Indonesia memang masih banyak yang percaya adanya hantu, bahkan takut jika hantu itu datang ke rumahnya.

Maka dari itu, saat malam hari sebagian dari mereka tidak mematikan lampu bahkan ketika tidur.

Hal tersebut mungkin dianggap aneh karena tidak hemat energi dan membuat tidak nyaman bagi sebagian orang asing yang tidur dengan lampu yang padam.

3Tentang Makanan

infokuberita.com

Di Indonesia ada hal unik saat mencampur makanan, seperti pernah kamu temui ada yang makan pisang dengan sambal.

Atau hal yang juga sering kita lakukan yakni makan nasi dengan lauk mie, dan hal itu kita lakukan saat sarapan, makan siang, dan bahkan makan malam.

4Tentang Waktu, “Jam Karet”

borneoyouthdiary.blogspot.com

Sudah menjadi rahasia umum, saat kamu mempunyai janji dengan seseoorang atau mengahdiri suatu acara kebanyakan dari kita datang 20 menit atau bahkan 30 menit ‘molor’ dari  jam yang telah disepakati.

Bisa dikatakan kurang disiplin waktu. Hal ini bertolak belakang dengan pandangan orang asing terhadap waktu dan ketepatan waktu. Misalnya orang Jepang atau orang-orang di daratan Eropa.

5Ingin Memiliki Kulit Putih

static.republika.co.id

Kamu tentu tahu di Indonesia banyak ditemukan kosmetik pemutih kulit, ya kan?

Kebanyakan orang Indonesia ingin memiliki kulit yang putih, terutama kaum hawa. Tak heran jika para wanita berusaha ingin tapil cantik dengan kulit putih. Mereka rela melakukan beberapa perawatan dengan biaya yang tak murah.

Ya, selama ini kebanyaan  orang Indonesia memiliki pandangan bahwa cantik itu identik dengan kulit putih. Maka mereka tidak mengijinkan sinar matahari ‘mengguyur’ mereka.

Hal ini berbeda dengan keinginan kebanyakan orang asing, yang menginginkan kulit hitam eksotik.

6Hewan Peliharaan di Toko, Kucing

sianakdesa.files.wordpress.com

Kebanyakan di toko atau rumah, terdapat kucing yang dipelihara di dalamnya. Kamu mungkin juga sering menemuinya. Sementara hewan yang tidak dipelihara tapi  ada disekitar kita misalnya nyamuk, semut, dan kecoa.

Ternyata ada hal-hal yang dianggap aneh olah orang asing tentang kebiasaan kita. Hal itu memang wajar karena terdapat perbedaan culture maupun kebiasaan.

Akan tetapi alangkah baiknya jika kita dapat bercermin dari kebiasaan positif orang asing yang dapat kita aplikasikan di Indonesia. Misalnya saja disiplin waktu.