Masyarakat Indonesia, adalah masyarakat yang selama ini sudah sangat kita kenal dengan berbagai hal mulai dari kecil sampai besar. Karena di sini lah kita tinggal.

Kita sudah terbiasa melihat anak-anak muda yang semakin giat mengikuti tren-tren tidak baik dalam berbusana dan pergaulan serta masalah moral.

Dan kita juga sudah terbiasa dengan berbagai perangai atau kelakuan orang-orang tuanya yang ternyata sama saja bahkan cenderung masa bodoh dengan keadaan sekitar.

Namun kita akan semakin malu, kala melihat bahwa hal tersebut ternyata menjadi sebuah fenomena turun-temurun yang bukannya makin punah justru makin berkembang luas.

Nah, sebagai bahan perenungan dan pembelajaran bagi kita semua, orang Indonesia, silahkan ambil hal-hal positif dari kebiasaan orang-orang Jepang berikut ini.

Yang tentunya tak hanya membuatmu berdecak kagum tapi juga mungkin akan membuatmu malu.

1Lebih Senang Bersepeda atau Berjalan Kaki

padmanaba.or.id

Kalau di negara kita banyak orang bangga dengan mobil atau motor mewahnya, yang dibawa ke sekolah, kampus, kantor, dan kemana pun dengan alasan praktis.

Beda dengan di Jepang. Masyarakatnya lebih senang berjalan kaki atau naik sepeda.

Jika tujuannya dekat, mereka lebih memilih berjalan kaki atau naik sepeda, dan jika jauh mereka tetap memilih kedua alternatif tersebut, namun dengan bantuan kereta listrik.

Tentunya transportasi umum yang mudah didapat, nyaman, dan aman terus mendukung budaya tersebut. Sehingga masyarakatnya akan tetap senang dengan aktivitas itu.

Itulah kenapa kalau lagi di Jepang jangan asal menerka-nerka mana yang kaya dan mana yang miskin, karena memang tidak kelihatan penampilannya. Hehehe.

2Lebih Senang Bawa Bekal Daripada Jajan di Luar

rayndovarian.blogspot.com

Baik muda maupun tua, anak-anak maupun dewasa, semua lebih memilih membawa makan dari rumah alias bekal daripada harus jajan di luar rumah.

Terlebih saat bekerja dan bersekolah. Selain dengan alasan hemat, mereka juga memilih membawa bekal karena mereka merasa hal tersebut lebih praktis daripada harus berjalan ke luar.

Berbeda dengan orang Indonesia yang mungkin gengsi dengan membawa bekal dari rumah yang sesungguhnya kita sendiri sudah tau jaminan kesehatannya daripada makanan di luar.

Namun belakangan ini memang banyak orang Indonesia mulai terinspirasi dari budaya orang Jepang tersebut. Karena banyaknya kasus makanan tak layak konsumsi di berbagai rumah makan.

3Lebih Memilih Tertib Antri Daripada Bikin Gaduh

riadini..wordpress.com

Dalam mempergunakan fasilitas umum pun, orang Jepang juga bisa menjadi contoh yang baik bagi kita. Mereka selalu membudayakan antri dengan tertib dan sabar menunggu sampai gilirannya tiba.

Berbeda mungkin ya dengan kebiasaan orang-orang Indonesia yang suka main serobot dan tidak mau mengalah. Akhirnya semuanya menjagi kacau dan gaduh.

4Memalukan Itu Kalau Ada Anak Muda Tidak Sopan Pada yang Lebih Tua

rinaldimunir.wordpress.com

Di dalam bus atau kereta listrik biasanya ada kebiasaan yang bagus dan sering ditunjukkan oleh orang Jepang. Yaitu ketika orang-orang mudanya memilih berdiri dan memberikan duduk pada orang tua.

Selain tentang masalah adab tersebut, mereka juga sangat menghormati orang yang lebih tua atau bahkan sangat tua sekali.

Walau tidak semua kebudayaan mereka bisa kita contoh, termasuk yang terkait perbedaan agama maupun kepercayaan, namun untuk masalah adab bersosialisasi mereka memang patut dicontoh.

Intinya, mari kita ambil baiknya dan buang yang buruk dari budaya-budaya negara lain. Bukan justru malah mengambil yang buruk demi dianggap kekinian atau up to date. Hehehe.

SHARE