Bersih itu cantik! Siapa dari kalian yang setuju dengan slogan itu? Buat kalian para kaum hawa mungkin begitu banyak yang mengiyakannya.

Yups, dengan mandi! Mandi adalah salah satu cara untuk mendapatkan kebersihan sekaligus kecantikan itu. Benar bukan kalau sudah mandi serasa lebih cantik?

Tapi ternyata ya Guys, ada kabar mengejutkan, beberapa kebiasaan salah ketika mandi justru dapat merusak kecantikan kulit. Aduh, jangan sampai kebiasaan itu terus-terusan kita lakukan ya Guys? Mau tahu apa saja? Check this one out Guys!

1Menggunakan Air yang Terlalu Panas

kaskus.co.id

Memang benar, mandi dengan air panas tentu akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks.

Tapi hati-hati Guys, kalau air yang kita gunakan terlalu panas, sudah beda cerita lagi lho ya. Pasti bisa membayangkan bukan kalau kita menyiram air yang terlalu panas ke tubuh kita?

Dan perlu kamu tahu juga Guys, seorang pakar dermatologi pernah menjelaskan bahwa mandi dengan air yang terlalu panas berisiko menimbulkan rasa gatal berlebih dan menyebabkan permukaan kulit yang kering.

2Menggunakan Sabun Antibakteri

indolifestyle.co.id

Buat kalian yang berpikir bahwa sabun antibakteri itu paling baik untuk kulit kita, tunggu dulu, jangan buru-buru memutuskan. Ternyata tidak selamanya lho sabun antibakteri itu aman bagi kulit kita.

Hayo jujur, pasti diantara kalian menganggap sabun antibakteri itu paling bisa membersihkan karena menimbulkan sensasi kulit yang kesat bukan?

Padahal sensasi ini disebabkan oleh kandungan bahan kimiawi yang keras dalam sabun yang dapat mengikis minyak alami pada kulit kita.

Yups, pasti kamu sudah mengetahuinya, kalau sebenarnya minyak alami ini yang bisa membuat kulit kita terasa lembab dan lembut.

Bukan itu saja, tapi minyak ini juga merupakan perlindungan terhadap berbagai penyakit yang dapat membahayakan kulit kita.

Nah, kalau minyaknya semakin hari semakin kita gusur, apa jadinya kulit kita nanti?

3Menggosok Berlebihan

health.kompas.com

Asal kamu tahu Guys, di dalam kulit kita, ada bakteri yang juga sangat penting bagi kesehatan kulit kita.

Ketika kita menggosok kulit kita terlalu keras dan berlebihan yang sebenarnya tujuannya untuk menghilangkan kulit mati, tentu bukan kulit mati saja yang hilang, tapi bakteri pelindung kulit juga lenyap.

Alhasil kita akan mudah terkena masalah kulit, mulai dari masalah jerawat, kulit kering bahkan gejala eksim. Tidak mau seperti itu bukan? Makanya, mulai sekarang hndari menggosok kulit terlalu berlebihan.

4Mandi Tanpa Alas Kaki

liputan6.com

Nah, ini yang terakhir tapi juga yang paling jarang diperhatikan. Mandi tanpa alas kaki juga berisiko mengganggu kesehatan kulit kita Guys. Tentu kita juga tahu, lantai kamar mandi merupakan tempat bersarangnya kuman.

Jadi, mulai sekarang selalu pastikan untuk menggunakan sandal saat kamu mandi untuk menghindari menempelnya kuman pada telapak kakimu.

Yuhu, sekarang setelah sudah mengetahui beberapa kebiasaan yang salah ketika kita mandi, mulai kurangi kebiasaan itu ya Guys. Semoga bermanfaat!