Selfie adalah kebiasaan baru masyarakat di seluruh dunia yang mulai heboh sejak pertama kali dipopulerkan oleh Presiden AS; Barack Obama.

Kebiasaan yang sudah membudaya ini ternyata tidak hanya menimbulkan kesenangan dan keseruan, tapi juga petaka.

Alih-alih ingin mengabadikan momen menarik, justru berujung pada dampak negatif yang menuai kecaman keras dari para netizen, seperti 4 aksi selfie bersama binatang berikut ini:

1Foto di atas Tempurung Kura-kura

ayayawae.wordpress.com

Seorang pria India berusia 24 tahun ditangkap ketika fotonya tersebar luas di media sosial. Mengapa? Sebab ia berfoto selfie tepat di atas tempurung kura-kura! Alasannya sederhana, ingin foto selfienya unik dan banyak yang suka.

Ia nekat melompat ke dalam kandang kura-kura Galapagos yang berusia 120 tahun di kebun binatang Kota Hyderabad, India.

Diketahui bahwa kura-kura jenis ini adalah salah satu reptil, dari jumlah total 14, yang terbesar di dunia dan masih hidup.

Sebab ia berani melanggar peraturan margasatwa, dan dianggap telah melukai hewan tersebut dengan berdiri di atas tempurungnya, maka ia segera ditangkap.

Karena kejadian ini, ada julukan baru bagi kata selfie, yaitu shell-fie yang artinya foto di atas tempurung.

Bahkan, gara-gara kejadian itu pula, baru-baru ini pemerintah Kota Mumbai, India, menerapkan larangan selfie di 16 lokasi yang dianggap berbahaya.

2Kematian Bayi Lumba-lumba Langka

batam.tribunnews.com

Tak hanya di India, di Argentina pun hal serupa terjadi dengan alasan sama; ingin mendapat banyak like dari teman-teman dan pengguna media sosial lain.

Hanya saja, kali ini bukan kura-kura yang diajak selfie, tapi bayi lumba-lumba langka Franciscana (dari keluarga Pontoporiidae).

Berawal dari seorang turis yang tiba-tiba mengambil salah satu bayi lumba-lumba Franciscana yang sedang berenang di dekat pantai bersama kawanannya. Ia mengangkat si bayi lumba-lumba untuk diajak foto selfie.

Nahasnya, banyak turis lain yang ikut-ikutan foto selfie dengan si bayi lumba-lumba. Oleh karena terlalu lama berada di luar, terpapar cuaca panas dan sinar matahari, bayi lumba-lumba itu dehidrasi dan akhirnya mati.

3Tarik Hiu dari Laut untuk Selfie

suryamalang.tribunnews.com

Lain Argentina, lain pula Amerika. Di negeri paman sam tersebut, budaya selfie juga membawa petaka, yaitu matinya bayi hiu dari pantai Palm Beach Florida.

Penyebab adalah ulah seorang pria yang menekan kuat tubuh hiu kecil dengan kedua tangannya hanya agar hewan tersebut tidak bergerak dan bisa diajak foto bersama.

Segera saja aksi aneh dan biadabnya itu mendapat banyak hujatan di dunia maya dan ditayangkan di berbagai stasiun TV internasional. Akibatnya, ia dipenjara.

4Bulu Merak Rontok Gara-gara Selfie

jambi.tribunnews.com

Kembali lagi ke Asia, di wilayah Yunnan, China, beberapa pengunjung kebun binatang bergantian menggendong dan memeluk erat hewan merak yang bulu indahnya sangat menggoda untuk difoto.

Ternyata hewan tersebut menjadi stres, bulunya rontok, dan akhirnya mati. Segera saja masyarakat yang melihat kejadian itu secara langsung maupun melalui foto yang beredar, menghujat aksi tersebut.

Pengelola kebun binatangnya juga mendapat kritik tajam dari masyarakat agar tidak sembarangan membuka akses kepada pengunjung terhadap binatang jinak, seperti burung merak ini.

jurirakyat.net
jurirakyat.net

Sebagaimana peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan di Mumbai, India, mengenai larangan selfie di beberapa tempat yang dapat membahayakan lingkungan dan makhluk hidup lain,

tampaknya peraturan yang sama patut dicontoh oleh negara-negara dengan tingkat hobi selfie yang tinggi. Bila tidak, momen mengenaskan semacam ini akan terus berulang.

Indonesia juga seharusnya mengatur aktivitas selfie dengan sangat ketat agar contoh kerusakan yang pernah terjadi di taman bunga beberapa waktu lalu tidak terulang lagi.

Apa sih arti liker dan komen yang banyak di setiap foto selfiemu kalau hanya merugikan alam dan makhluk hidup lain?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here