Bayi memang merupakan makhluk yang sangat lucu. Tingkah lucunya, senyumannya,teratwa kecilnya, membuat orang yang melihatnya gemas.

Saat melihat bayi yang sedang lucu-lucunya rasanya ingin mencium. Banyak ibu yang begitu sayang sehingga mencium bayinya berungkali di semua bagian pipi.

Memang dalam melampiaskan kasing sayang dan gemasnya biasanya orang-orang menunjukkannya dengan mencium si bayi.

Akan tetapi, ternyata kebiasaan mencium bayi bisa membahayakan kesehatan sang bayi. Sebab banyak kuman atau virus dapat ditularkan melalui percikan ludah dan dapat menyebar di udara sehingga terhirup oleh bayi.

Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang pada bayi yang sering dicium.

Batuk, Flu, Atau Pilek

2 ags pilek
zonabayiku.blogspot.com

Mungkin kamu satu diantara banyak orang yang sayang dan gemas pada bayi sehingga suka serta dan sering menyium bayi.

Saat mencium si bayi, kuman-kuman penyebab penyakit seperti batuk, flu, dan pilek bisa ikut berpindah dari mulut ke pipi si kecil.

Hal tersebut mengakibatkan sang bayi tertular penyakit. Tidak langsung terkena tapi bisa saja beberapa waktu kemudian.

Apalagi ketika kamu bersin, batuk, bernapaa bahkan mencium bayi, kuman-kuman bisa ikut  terbang dan menular orang-orang yang berada di lingkungan sekitarmu.

Invasive Pneumococcal Disease (IPD)

2 ags ipdv
zonabayiku.blogspot.com

Penyakit ini merupakan sekelompok penyakit infeksi pneumokokus sperti sait radang paru-pary, infeksi darah, dan radang selaput otak.

Ditemukan pada banyak kasus bahwa penyakit ini menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Dan yang perlu diwaspadai, anak-anak yang dititipkan di tempat penitipan anak lebih berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Untuk mencegah dan menghindari penyakit IPD ini sebaiknya bayi atau balita tidak sering dibawa jalan-jalan ke mall atau tempat yang sekiranya membahyakan bagi kesehatan si kecil.

Rawan Demam

2 agsbayi demam
www.cakapsehat.com

Penyakit lainnya yang dapat mengancam kesehatan si bayi bisa ditularkan melalui kebiasaan mencium si kecil yakni penyakit demam.

Ketika kesehatan si bayi masih dalam masa perkembangan atau dalam keadaan belum erkembang dengan baik bisa mengganggu imunitassi bayi.

Cacar Air

2 ags cacar
dailyrolla.blogspot.com

Cacar air adalah infeksi yang sangat menular, bahkan sekitar 90 persen orang-orang belum mempunyai imunitas tergadap cacar air bisa terinfeksi saat kontak dengan virus.

Nah, boleh mengungkapkan rasa sayang mu pada si kecil melalui ciuman, tapi pastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat dan jangan sering-sering menciumnya. Semoga bermanfaat.