Ternyata, ada kebun binatang di dunia ini yang termasuk ke dalam kebun binatang dengan pelayanan paling kejam terhadap hewan-hewan di dalamnya.

Bahkan ada kejadian mengerikan dimana seekor jerapah ditemukan mati dengan keadaan terdapat 44 pon bungkus plastik di dalam perutnya.

Nah, kebun binatang mana saja yang masuk dalam daftar paling kejam?

1Pyongyang Central Zoo, Korea Utara

tommasters.net

Tahun 2006, Asia Times melaporkan cara Pyongyang Central Zoo menganiaya binatang-binatang di dalamnya. Kebun binatang ini memiliki spesies-spesies langka yang tidak ada di tempat lain di dunia.

Padahal, spesies langka ini seharusnya tidak dikurung di dalam kandang, seperti yang dilakukan oleh Pyongyang Central Zoo.

Bahkan, kandang yang dipakai sebenarnya sangat sempit hingga tidak dapat dimasuki oleh manusia atau binatang.

Kondisi di tempat ini pun terlalu dingin untuk para binatang. Tak heran, binatang-binatang di tempat ini menjadi tertekan, stres, dan tidak bahagia.

2Dhaka Zoo, Bangladesh

en.wikipedia.org

Kebun binatang ini pernah diberhentikan untuk sementara dan diselidiki pada tahun 2009 lalu karena jumlah kematian binatang di dalamnya yang sangat besar.

Setidaknya ada 20 binatang mati karena kelalaian dan kondisi pemeliharaan yang tidak manusiawi.

Walaupun kebun binatang ini dikunjungi oleh 10.000 pengunjung setiap harinya, pengelola kebun binatang ini tidak memiliki anggaran untuk memberikan ruang yang baik dan perhatian medis terhadap 57 spesies yang ada.

3Oradea Zoo, Romania

brinzan.com

Oradea Zoo memiliki binatang-binatang yang hidup sangat menyedihkan. Kondisi mereka sangat buruk. Ada 13 singa yang dinyatakan berada dalam kondisi berbahaya.

Setelah kabar buruk ini dipublikasikan ke media, kebun binatang ini mendapat sumbangan sebesar 219.629 dollar untuk mendapatkan tempat yang lebih baik.

4Shenyang Forest Wild Animal Zoo, Tiongkok

globalpost.com

Kebun binatang ini berada di bawah pengawasan selama bertahun-tahun karena reputasi buruk akibat skandal yang terjadi pada tahun 2009-2010.

Ada 11 harimau Siberia di tempat ini yang mati kelaparan. Selama 2 tahun, harimau-harimau itu hanya diberi makan tulang ayam dalam jumlah kecil, sangat jauh dari konsumsi normal hewan tersebut.

Untungnya, beberapa staf melaporkan keadaan ini kepada para aktivis penyelamat binatang.

5Gelkand Park, Kurdistan Irak

pukmedia.com

Gelkand Park saat ini telah ditutup. Kebun binatang ini memiliki kandang kecil dan kotor yang tidak aman bagi para binatang maupun pengunjung.

Saat ini, kebun binatang baru juga telah dibangun untuk menggantikan Gelkand Park. Kebun binatang ini dinilai lebih layak karena memiliki ruang yang besar, tidak seperti sebelumnya.

SHARE