Masa Muda merupakan masa yang luar biasa, dimana semua kekuatan fisik, kekuatan pikiran dan semua potensi manusia bisa di gunakan dengan maksimal.

Masa ini merupakan masa tengah-tengah, sesudah masa lemah (saat jadi bayi) dan sebelum masa lemah kedua (masa tua). Masa ini tidak bisa kembali atau di ulang lagi, kesempatan muda sangatlah berguna dan menentukan hasil akhir tua nanti.

Masa ini juga merupakan masa yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan apapun, mulai dari travelling, naik ke puncak, sekolah tinggi, belajar ini itu, semua dilakukan di waktu yang tepat di masa ini.

Karena ketika masih kecil kita masih agak lemah dan ketika tua semangat dan fisik tidak bisa di bohongi, jadi masa muda ini masa yang sangat tepat untuk bergerak dan berkarya.

Banyak sekali para orang tua jaman sekarang yang menyesal akan kehidupannya, menyesal tidak bisa sekolah, menyesal tidak bisa belajar membaca dan lain sebagainya.

Mereka yang menyesal seperti ini rata-rata, hidupnya hanya untuk santai saja di rumah, suka mengulur waktu dan suka bersenang-senang. Bagi mereka rasa menyesal itu sangatlah tidak enak sekali.

Buat kamu yang masih muda, jika kamu tidak ingin menyesal di hari tua, kamu harus melakukan ini guys.

1Belajar

ideaonline.co.id

Salah satu penyesalan yang teramat sangat di masa tua adalah kebodohan, dimana dengan kebodohan manusia akan terus bekerja keras demi mencari uang untuk kebutuhan.

Tak heran orang tua sekarang lebih mementingkan pendidikan bagi anaknya, anaknya tidak ingin bernasib sama seperti mereka. Sekolah dan terus belajar agar kehidupan lebih baik.

Salah satu kalimat bijak yang perlu kamu ingat adalah “sabarlah dalam belajar di masa muda, karena kebodohan di masa tua akan terasa sangat menyakitkan”.

Memang dengan terus belajar, ilmu akan di dapat, pekerjaan akan semakin mudah di dapatkan. Belajar apapun, belajar dimanapun dan dengan siapapun. Intinya belajar untuk kehidupan lebih baik.

2Kenali dan Asah Bakat Kamu

suararakyatindonesia.org

Setiap manusia yang diciptakan pasti di beri kelebihan yang berbeda-beda, entah kelebihan kekuatan fisik, kecermatan dalam menghitung atau otak yang kreatif. Tentu hal ini jika di maksimalkan akan menjadikan manusia yang produktif.

Sejak muda atau saat masih sekolah kamu harus tahu apa yang menjadi kelebihanmu, apa bakatmu, kamu harus temukan secepatnya. Kalau sudah ketemu segera asah dan latih terus, sampai kamu jadi ahlinya.

Jika kamu sudah menjadi ahli tentu akan memudahkan kamu dalam mencari rejeki di kemudian hari dan kamu tidakk perlu repot, karena orang pasti akan mencari kamu. Yang perlu di cermati adalah antara minat dan bakat.

Kalau minat itu keinginan pribadi, belum tentu kamu minat bidang ini, kamu bisa menguasainya. Jadi minat ini seperti judi, belum ada kepastian kamu bisa. Tapi jika kamu bakat maka kesuksesan akan mudah di dapatkan.

Jadi buat kamu yang bingung dengan jurusan kuliah, bingung dengan pekerjaan ataupun yang lainnya, kenali dulu bakatmu dimana, setelah itu pasti terasa mudah bagi kamu.

3Salurkan Hobi

suararakyatindonesia.org

Kamu yang masih muda, segera salurkan hobi kamu yang positif dan hobi yang produktif. Nasib seseorang di kemudian hari tidak ada yang tahu guys, siapa tahu dengan hobi kamu yang positif dan produkti kamu akan sukses si hari tua nanti.

Jangan sampai hobi kamu yang bagus tidak bisa tersalurkan guys, rasanya akan menyesal yang tidak enak sekali. Hobi juga bagian dari bakat lho. Ayo tunjukkan hobi positif dan produktif kamu.

4Buat Prinsip Diri

chikasabrina24.wordpress.com

Salah satu penyesalan terbesar di hari tua adalah kenakalan di masa muda. Ketika di masa muda tidak punya prinsip yang bagus, maka yang terjadi adalah akibat buruk yang dirasakan di hari tua.

Salah satu contohnya adalah narkoba yang merusak tubuh di hari tua, pergaulan bebas yang menyebabkan penurunan fisik drastis di hari tua dan masih banyak yang lainnya.

Mumpung kamu masih muda guys, gunakan waktu kamu sebaik-baiknya, jangan gampang tertarik dengan kesenangan sesaat atau kesesatan yang menyenangkan. Namanya sesat walau senang tetap saja efeknya buruk bagi kita.

So, gunakan masa muda dengan punya prinsip yang kuat dan hebat.

5Jangan Membatasi Diri

republika.co.id

Di masa muda, kamu harus banyak-banyak bergaul, berkomunikasi dengan banyak orang, menjaga komunikasi dengan mereka, karena dengan banyak teman, kamu juga aan terus mendapatkan pelajaran dan juga merasakan kebaikan dari mereka.

Secara, kamu sudah saling kenal baik jadi rasa percaya akan mudah di dapat. Benar tidak guys?

6Bahagiakan Orang Tua

republika.co.id

Membuat bangga atau memberi kebahagiaan untuk orang tua tidak melulu dengan harta lho. Kamu juga bisa beri dengan prestasi kamu, kebaikan hati kamu dan perhatian untuk mereka. Karena sungguh kita tidak bisa membalas kebaikan mereka dengan apapun.

Jadi ketika orang tua kita masih hidup, jangan lewatkan kesempatan ini dengan sia-sia. Usahakan kita membahagiakan mereka semampu kita.

SHARE